HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA PTM TERBATAS

  • Ahmad Kurniawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta-Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6868-5881
  • Anita Trisiana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta-Indonesia
  • Ema Butsi Prihastari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta-Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8826-0434
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Kebiasan Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) menguji hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika; 2) menguji hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika; 3) menguji hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri 1 winong T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel sebanyak 28 siswa. Angket, observasi, dan dokumentasi merupakan metode pengambilan data penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika, dengan interpretasi korelasi berkategori kuat dan koefisien determinasi sebesar 56,25% ; 2) terdapat hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika, dengan interpretasi korelasi berkategori sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 66,25%; 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, dengan interpretasi korelasi berkategori sangat kuat koefisien determinasi sebesar 78,1%.

References

Belajar, P., Siswa, M., & Lase, O. S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Warta 56.

Cahyasari, I., & Dewi, R. M. (2016). Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7.

Cica, F., Wedywati, N., & Parida, L. (2022). Korelasi Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pagal II/Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 86-95.

Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). 3(10), 1331–1343.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Desmita. (2015). Psikologi perkembangan / oleh Desmita (Cet.9). Remaja Rosdakarya.

Djaali, H. (n.d.). Psikologi pendidikan/ Djaali. Jakarta : Bumi Aksara, 2009.

Eva, R., & Siagian, F. (n.d.). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 2(2), 122–131.

Gea, A. F., Sadewo, J. D., Hasanah, U., Prasetyawan, E., Saputro, T. V. D., Rahmawati, S., ... & Suprapti, S. (2023). Application of Gamification with" SIKMA" to Increase Motivation and Learning Independence Attitudes. Asian Journal of Community Services, 2(1), 145-152.

Hasanah, M. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap keaktifan siswa kelas iv sdn gugus plawangan situs kecamatan kragan kabupaten rembang. Skripsi.

Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). MATHEMATICAL LITERACY PROFILE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA: A SCOPING REVIEW. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279-295.

Suhendri, H. (n.d.). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1), 29–39.

Liliyafi, O. dan D. S. (2018). Hubungan Kebiasaan Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS. Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230.

Lumbantobing, W. L., Silvester, S., & Dimmera, B. G. (2022). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERBATASAN. Sebatik, 26(2), 666-672.

Muawwanah, Ma’rufi, & Nurdin. (2020). Korelasi antara Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–15. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/480

Mulyaningsih, I. E. (2014). Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar The Influence Of Social Interaction Of Family Relationship , Achievement Motivation , And Independent Learning. 441–451.

Mulyono, D. (2021). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708. https://doi.org/10.29333/iejme/642

Nurmalasary, N. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 189. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2767

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171.

Pamungkas, N. Y. A., Suswandari, M., Fitrotiha, T. A. I., & Sapi’i, M. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 157-170.

Rahmadani, D. P., Trisiana, A., & Wicaksono, A. G. (2021). Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar Selama Belajar Dari Rumah (Bdr). Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 109–122. https://doi.org/10.24929/ALPEN.V5I2.79

Rahmahwati, A. A., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3385–3392. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1348

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 522-527.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.

Sijabat, O. P., Gea, E. D., Simarmata, R. J., Situmorang, A. R., Naibaho, T., & Sitepu, S. (2022). MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI DAN NILAI-NILAI MATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 171-182.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. https://onesearch.id/Record/IOS14697.KSPUBAA000000000000327

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 130. Bandung: Alfabeta.

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.

Suyono, H. (2017). Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.

Sreylak, O., Sampouw, F., Saputro, T. V. D., & Lumbantobing, W. L. (2022). MATHEMATICS CONCEPT IN ELEMENTARY SCHOOL: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 268-278.

Taurina, Z. (2015). Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System.

Wahyudi. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Widya Sari.

Widyaningrum, R., Prihastari, E. B., & Rahman, I. H. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Masa Pendemi Covid-19. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 164–172. https://doi.org/10.30653/003.202172.178

Published
2023-03-12
How to Cite
Kurniawan, A., Trisiana, A., & Prihastari, E. B. (2023). HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA PTM TERBATAS. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 27-44. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.506

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.