HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA PTM TERBATAS
Abstract
Tujuan penelitian adalah: 1) menguji hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika; 2) menguji hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika; 3) menguji hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri 1 winong T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel sebanyak 28 siswa. Angket, observasi, dan dokumentasi merupakan metode pengambilan data penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika, dengan interpretasi korelasi berkategori kuat dan koefisien determinasi sebesar 56,25% ; 2) terdapat hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika, dengan interpretasi korelasi berkategori sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 66,25%; 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, dengan interpretasi korelasi berkategori sangat kuat koefisien determinasi sebesar 78,1%.
References
Belajar, P., Siswa, M., & Lase, O. S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Warta 56.
Cahyasari, I., & Dewi, R. M. (2016). Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7.
Cica, F., Wedywati, N., & Parida, L. (2022). Korelasi Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pagal II/Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 86-95.
Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). 3(10), 1331–1343.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Desmita. (2015). Psikologi perkembangan / oleh Desmita (Cet.9). Remaja Rosdakarya.
Djaali, H. (n.d.). Psikologi pendidikan/ Djaali. Jakarta : Bumi Aksara, 2009.
Eva, R., & Siagian, F. (n.d.). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 2(2), 122–131.
Gea, A. F., Sadewo, J. D., Hasanah, U., Prasetyawan, E., Saputro, T. V. D., Rahmawati, S., ... & Suprapti, S. (2023). Application of Gamification with" SIKMA" to Increase Motivation and Learning Independence Attitudes. Asian Journal of Community Services, 2(1), 145-152.
Hasanah, M. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap keaktifan siswa kelas iv sdn gugus plawangan situs kecamatan kragan kabupaten rembang. Skripsi.
Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). MATHEMATICAL LITERACY PROFILE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA: A SCOPING REVIEW. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279-295.
Suhendri, H. (n.d.). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1), 29–39.
Liliyafi, O. dan D. S. (2018). Hubungan Kebiasaan Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS. Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230.
Lumbantobing, W. L., Silvester, S., & Dimmera, B. G. (2022). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERBATASAN. Sebatik, 26(2), 666-672.
Muawwanah, Ma’rufi, & Nurdin. (2020). Korelasi antara Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–15. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/480
Mulyaningsih, I. E. (2014). Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar The Influence Of Social Interaction Of Family Relationship , Achievement Motivation , And Independent Learning. 441–451.
Mulyono, D. (2021). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708. https://doi.org/10.29333/iejme/642
Nurmalasary, N. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 189. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2767
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171.
Pamungkas, N. Y. A., Suswandari, M., Fitrotiha, T. A. I., & Sapi’i, M. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 157-170.
Rahmadani, D. P., Trisiana, A., & Wicaksono, A. G. (2021). Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar Selama Belajar Dari Rumah (Bdr). Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 109–122. https://doi.org/10.24929/ALPEN.V5I2.79
Rahmahwati, A. A., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3385–3392. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1348
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 522-527.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Sijabat, O. P., Gea, E. D., Simarmata, R. J., Situmorang, A. R., Naibaho, T., & Sitepu, S. (2022). MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI DAN NILAI-NILAI MATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 171-182.
Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. https://onesearch.id/Record/IOS14697.KSPUBAA000000000000327
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 130. Bandung: Alfabeta.
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.
Suyono, H. (2017). Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.
Sreylak, O., Sampouw, F., Saputro, T. V. D., & Lumbantobing, W. L. (2022). MATHEMATICS CONCEPT IN ELEMENTARY SCHOOL: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 268-278.
Taurina, Z. (2015). Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System.
Wahyudi. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Widya Sari.
Widyaningrum, R., Prihastari, E. B., & Rahman, I. H. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Masa Pendemi Covid-19. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 164–172. https://doi.org/10.30653/003.202172.178
Copyright (c) 2023 Ahmad Kurniawan, Anita Trisiana, Ema Butsi Prihastari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).