Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Absensi Fingerprint dengan Metode Service Quality pada PT. Mayasari Bakti
DOI:
https://doi.org/10.46229/jifotech.v5i2.1052Kata Kunci:
Kepuasan Pengguna, Absensi Fingerprint, SERVQUAL, Kualitas LayananAbstrak
Sistem absensi fingerprint merupakan bagian penting dalam mendukung efisiensi dan ketertiban administrasi kehadiran karyawan. Namun, efektivitas sistem ini perlu dievaluasi dari perspektif pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap sistem absensi fingerprint di PT. Mayasari Bakti menggunakan metode SERVQUAL yang terdiri dari lima dimensi: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 225 responden yang dipilih berdasarkan rumus Slovin dari populasi 500 karyawan, dengan tingkat kesalahan 5%. Instrumen diuji Validitasnya menggunakan teknik Corrected Item-Total Correlation, dengan hasil seluruh Item valid karena nilai r hitung > r tabel (0,138). Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha menunjukkan semua dimensi reliabel (α > 0,7). Analisis dilakukan dengan menghitung nilai GAP antara persepsi dan harapan serta uji Paired Sample T-Test. Hasil menunjukkan semua dimensi memiliki nilai GAP negatif, di mana dimensi Assurance memiliki GAP terbesar (-0,863) dan Tangibles memiliki GAP terkecil (-0,828). Uji T menunjukkan nilai signifikansi 0,000 pada seluruh dimensi, menandakan adanya perbedaan yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem belum sepenuhnya memenuhi ekspektasi pengguna dan perlu ditingkatkan, terutama dalam hal jaminan dan responsivitas.
Referensi
I. I. Mulia Rahmayu*, “Analisis Penerimaan Sistem Presensi Karyawan Berbasis Fingerprint Dengan Metode Technology Acceptence Pada PT. Karex Indo Express,” Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 3, no. 4, pp. 261–267, Sep. 2022, Accessed: Sep. 16, 2025. [Online]. Available: https://journal.fkpt.org/index.php/BIT/article/view/374/248
L. U. Anton Kurniawan*, “Pengaruh Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Balai Pelatihan Kesehatan Palembang,” Journal of Trends Economics and Accounting Research, vol. 1, no. 3, pp. 92–97, Mar. 2021, Accessed: Sep. 16, 2025. [Online]. Available: https://journal.fkpt.org/index.php/jtear/article/view/141/90
J. Sembiring and B. Sinaga, “Penerapan Metode Servqual Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengurusan Surat Izin Usaha Mikro Dan Kecil Pada Kantor Camat Dolat Rayat Kabupaten Karo,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), vol. 4, no. 2, pp. 165–170, Apr. 2021, doi: 10.32672/jnkti.v4i2.2933.
Sri Restu Ningsih, Arika Juwita Z., Ade Irma Suryani, Cyntia Lasmi Andesti, and Rahmadini Darwas, “ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP APLIKASI E-TASK MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL,” Journal of Information Systems Management and Digital Business, vol. 1, no. 4, pp. 417–428, Jul. 2024, doi: 10.59407/jismdb.v1i4.913.
E. Arribe and M. Ryandi, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI FINGERPRINT BERBASIS WEBSITE PT. MEDIA ANDALAN NUSA (ANDALWORKS),” JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, vol. 11, no. 02, pp. 143–149, Sep. 2023, doi: 10.33884/jif.v11i02.7462.
A. I. Reski, M. Muhallim, S. Paembonan, D. Dasril, H. Abduh, and H. Hasnahwati, “APLIKASI SISTEM ABSENSI FINGERPRINT DOSEN DAN STAFF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDI DJEMMA,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4985.
Sambodo Rio Sasongko, “FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 104–114, Oct. 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.
R. Sholihah and A. D. Indriyanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), vol. 3, no. 3, pp. 102–109, Jun. 2022, doi: 10.26740/jeisbi.v3i3.47236.
D. F. Hidayat, L. O. A. S. Tosungku, and L. D. Fathimahhayati, “Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus: PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur),” Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, vol. 9, no. 1, p. 167, Mar. 2023, doi: 10.24014/jti.v9i1.21281.
Suciati Rahayu Widyastuti, “PENGEMBANGAN SKALA LIKERT UNTUK MENGUKUR SIKAP TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” Jendela ASWAJA, vol. 3, no. 02, pp. 57–75, Sep. 2022, doi: 10.52188/ja.v3i02.393.
C. S. 2 Indah Hesti Mubarokah1*, “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Skala Usaha Dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi,” JURNAL AKUNTANSI PROFESI, vol. 13, no. 1, pp. 163–171, May 2022, Accessed: Sep. 16, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/43340/21719
A. A. Suntara, P. P. Widagdo, and V. Z. Kamila, “Analisis Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal Universitas Mulawarman,” Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRETISI), vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Jul. 2023, doi: 10.30872/kretisi.v1i1.275.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siti Halimah, Yunita, Suwanda Aditya Saputra Wanda Aditya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




