Implementation of the PjBL Model to Improve Science Learning Outcomes in Class V at SDN 06 Blangko

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46229/elia.v5i1.997

Keywords:

Learning Outcomes, Learning Effectiveness, PjBL Model

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar pada siswa kelas V di SDN Blangko setelah peneliti menerapkan  metode pembelajaran Project Based Learning(PJBL). Dalam pelaksanaanya peneliti menggunakan   penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I merupakan kegiatan dengan tindakan metode PJBL tahap pertama dalam mengukur hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yang tuntas sebesar 56,5 dengan presentase ketuntasan sebesar 29,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,2 dengan presentase ketuntasan sebesar 88,9%, dari siklus 1 ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 59,3%. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 3,0 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,8. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode PJBL cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran siswa. Indikator capaian pembelajaran dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dengan menggunakan metode PJBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Damayanti, et all. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Indah, M., Hendracipta, N., & Hakim, Z. R. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Sebagai Sarana Penguasaan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik di SD Negeri Rawu. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 520–526. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1004

Muis, A., & Dewi, L. (2021). Day care management course design based on OBE and PjBL for teacher education of early childhood education program. Inovasi Kurikulum, 18(2), 128–140.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), 233–245.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Renatovna, A. G., & Renatovna, A. S. (2021). Pedagogical and psychological conditions of preparing students for social relations on the basis of the development of critical thinking. Psychology and Education Journal, 58(2), 4889–4902.

Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning untuk Membantu Siswa dalam Berpikir Kritis. 7(1), 82–91.

Sulistiyani, B. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 422. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53379

Yanuarto, W. N., Fahmi, Astuti, Wijayanti, & Tarjo, D. C. S. H. M. S. S. J. M. L. R. L. H. K. R. M. M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Feby, F. (2025). Implementation of the PjBL Model to Improve Science Learning Outcomes in Class V at SDN 06 Blangko. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 5(1), 66–76. https://doi.org/10.46229/elia.v5i1.997

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.