ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis proses menerapkan model pembelajaran Discovery Learning serta menganalisa kelebihan dan kekurangan terhadap pemakaian model Discovery Learning pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri Kestalan 05 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa proses menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terdiri dari 6 langkah-langkah atau sintaks yaitu stimulus/rangsangan (stimulation), identifikasi masalah (problem statement), pengumpulan data (data collection), pengolahan data (data processing), pembuktian (verification), menarik kesimpulan (generalitation). Dengan menerapkan 6 langkah-langkah tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya dapat membentuk peserta didik lebih aktif, dapat berpikir kritis secara kelompok maupun individu, membentuk kepribadian yang lebih percaya diri, dapat membantu memperkuat konsep diri, membantu meminimalisir sikap Skeptisme (keraguan), membantu mengembangkan memori dan komunikasi dalam berbagai situasi belajar, dapat menjalin kerjasama, dapat mengembangkan bakat dan kecakapan yang dimiliki, pengetahuan yang diperoleh dapat menguatkan pengertian, ingatan, dan transfer. Sedangkan kelemahannya membutuhkan waktu yang lebih lama, tidak efektif kepada sejumlah yang besar peserta didik, adanya kesalahpahaman diantara guru dan pembelajar, terdapat peserta didik yang tidak mampu melakukan penemuan, terdapat peserta didik yang berbincang dengan kawan lain dan berjalan di kelas.
References
Ardiyanti, T., & Rahayu, T. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 27-34.
Arifin, Zainal. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.
Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64-73.
Gunawan, Imam dan Djum Djum Noor Benty. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jaenab, S., & Fasha, L. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Keadaan Cuaca Tema 5 Di Kelas III SD. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 852-857.
Lestari, Endang Titik. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Maskuri, M. (2019). Penerapan Model Discovery learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 2 Nusamangir. In PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL KOLOKIUM 2019.
Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Nelvianti, N., Indra, W., Anas, R., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Penerapan model discovery learning dalam Pembelajaran IPA Tematik di Sekolah dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 168-173.
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2181-2188.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.
Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas 4 SD melalui model pembelajaran discovery learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8-13.
Rita, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Menggunakan Gallery Exhibition Project dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Topik Report Text. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 96-120.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok. PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sarosa, Samiaji. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius.
Sitepu, S. V., Sijabat, O. P., Naibaho, T., & Simanjuntak, R. M. (2022). Evaluasi Psikomotorik dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Hybrid Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 251-267.
Sugiarto, Eko. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta. Suaka Media.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suraya, S. N. (2016). Peran Asisten Guru (Teaching Assistants) dalam Maksimalisasi Proses Pembelajaran di Kelas. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(01).
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.
Setiyani, I. (2019, September). Manajemen Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Suyono dan Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tersiana, Andra. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta. Anak Hebat Indonesia.
Wicaksono, A. G. (2022). Potensi Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).
Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52-59.
Copyright (c) 2023 Febiola Dhea Fajar Putri Sekarsari, Anggit Grahito Wicaksono, Sarafuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).