PROFIL LABORATORIUM IPA DI SMP NEGERI 2 KARANGDOWO TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Laboratorium menjadi hal yang sangat penting di sekolah untuk melaksanakan kegiatan praktikum. Standar kriteria laboratorium yang ideal tercantum dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dan Permendikbud No. 8 Tahun 2018. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui profil laboratorium IPA dan kompetensi guru pengelola laboratorium ditinjau dari pelaksanaan praktikum IPA selama masa pandemi di SMP Negeri 2 Karangdowo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium IPA berdasarkan Permendiknas No 24 Tahun 2007 dan Permendikbud No 8 Tahun 2018 memperoleh persentase masing- masing: a) ruang laboratorium 100% (sangat baik), b) sarana perabot laboratorium 85,7% (sangat baik), c) Peralatan pendidikan 60% (cukup). d) alat-alat percobaan 72,2% (baik), e) media pendidikan 100% (sangat baik), f) bahan habis pakai 76,9% (baik), f) peralatan lain 80% (baik). Simpulan penelitian ini adalah profil laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Karangdowo termasuk kategori baik dengan persentase rata-rata 79,1% dari 100% standar minimum yang tercantum dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dan Permendikbud No. 8 Tahun 2018.
References
Agustina, P., Saputra, A., Meidiana, L. M., Winduargo, B., Nugraheni, E. P., & Yuningsih, S. E. (2019). Kualitas Laboratorium sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4, 471–475.
Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 414. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Decaprio, R. (2013). Tips mengelola laboratorium sekolah. Diva Press.
Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi Di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 2(1), 13–26. https://doi.org/doi.org/10.23971/eds.v2i1.16
Elseria, E. (2016). Efektifitas pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan, 10(1), 109–121.
Harefa, D., Efrata Ge’e, Kalvintinus Ndruru, Mastawati Ndruru, Lies Dian Marsa Ndraha, Tatema Telaumbanua, Murnihati Sarumaha, & Fatolosa Hulu. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Ipa Di SMA Negeri 1 Lahusa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 5(2), 105–122. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2062
Ismiyanti, N., Windasari, R., M. S, A., H.M, V., & Aziz, A. (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.24
Jamilah, J., Hasanah, U., Syamsul, S., Syahriani, S., Taufiq, A. U., & Sofyan, S. (2022). Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Biologi Di SMA Negeri 6 Sinjai Barat. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i1.26869
Kurniawan, R. A. (2021). Analisis Standarisasi Sarana, Prasarana dan Tenaga Laboratorium IPA MTs Negeri 8 Jember. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.03
Mastika, I. N., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Analisis standarisasi laboratorium biologi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Meita, N. M. (2018). Standardisasi Laboratorium IPA SMPN 3 Sumenep. PENDIPA Journal of Science Education, 2(3), 227–234.
Muliana, M., Wahyuni, S., & Erwing, E. (2021). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPAMelalui Kegiatan Praktikum Di SMP Negeri 4 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 387–393. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2182
Nurhayati, N., Zuhra, F., & Septiani, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Calon Guru Ipa Melalui Pelatihan Pengelolaan Laboratorium. Journal of Character Education Society, 3(3), 679–687. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2871
Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 8 Tahun 2018 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA.
Rahman, M. S. (2017). Kajian Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium Ipa Berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Di SMPN 4 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i1.18
Sani, R. A. (2021). Pengelolaan laboratorium ipa sekolah. Bumi Aksara.
Silvester, H. D. K. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3).
Silvester, S., Sadewo, Y. D., & Sumarni, M. L. (2022, January). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 947-955).
Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). Analisis Sarana Dan Prasarana Laboratorium Biologi Dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 109–115. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10148
Sumarsih, S. (2020). Evaluasi Standar Sarana Dan Prasarana Laboratorium IPA Di Sekolah Model SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan, 14(2), 60–67.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenada Media.
Copyright (c) 2023 Aprilia Dwi Noorjanah, Rina Astuti, Halimah Sa’diyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).