UPAYA PEMBERIAN PENGHARGAAN UNTUK MEWUJUDKAN KEDISIPLINAN GURU SD NEGERI WULUNGSARI DALAM MENGERJAKAN ADMINISTRASI KELAS

  • Yudiyanti Yudiyanti SD Negeri Wulungsari
  • Pebria Dheni Purnasari Institut Shanti Bhuana
Keywords: Penghargaan, Kedisiplinan, Administrasi Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan guru SDN Wulungsari melalui pemberian penghargaan dalam mengerjakan administrasi kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I s/d VI di SDN Wulungsari Kec. Selomerto Kab. Wonosobo. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah diperoleh dianalis dengan teknik analisis interaktif dari model Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data awal kegiatan penilaian pengerjaan administrasi guru kelas I s/d VI mencapai skor rata-rata 29,33 dengan kategori gagal. Setelah dilaksanakan pembinaan dan program pemberian penghargaan untuk mengerjakan administrasi kelas tahap berikutnya diperoleh hasil skor rata-rata 74 dengan kategori baik. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam hal kedisplinan, terbukti pada kondisi awal banyak guru yang lalai atau malas mengerjakan administrasi kelas sehingga hasilnya termasuk ke dalam kategori gagal. Setelah diberikan perlakuan yakni pembinaan dan program pemberian penghargaan pada guru yang dapat menyelesaikan administrasi kelas dengan baik, maka guru yang lainpun mulai disiplin dalam mengerjakan administrasi kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemberian penghargaan mampu meningkatkan kedisiplinan guru dalam mengerjakan administrasi kelas.

References

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Dharma, S. (2013). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Bumi Aksa.

Kautsar, M., Yusrizal, & Bahrun. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Pada MAN 1 Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visipena, 11(2), 364-376.

Manik, R. (2019). Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurnal Jumpa, 7, 80-95.

Mardiana. (2019). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Sistem Reward dan Punishment. Jurnal Global Edukasi, 2(4), 313-320.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmanto, A. (2018). Peningkatan Kedisiplinan Guru Melalui Pemberian Reward di SD Muhhamadiyah Sapen Yogyakarta. Tajdidukasi, 8(2), 125-136.

Siagian, P. (2011). Organisasi Kepemimpinan Dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2021-02-07
How to Cite
Yudiyanti, Y., & Purnasari, P. D. (2021). UPAYA PEMBERIAN PENGHARGAAN UNTUK MEWUJUDKAN KEDISIPLINAN GURU SD NEGERI WULUNGSARI DALAM MENGERJAKAN ADMINISTRASI KELAS. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 43-51. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.238

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.