THE INFLUENCE OF BRAND AMBASSADORS, BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, AND PRICE PERCEPTIONS ON PURCHASING DECISIONS FOR MADAME GIE COSMETIC PRODUCTS ON STUDENTS AT DUTA WACANA CHRISTIAN UNIVERSITY

  • Isabella Elsa Ratnasari Universitas Kristen Duta Wacana

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengidentifikasi apakah brand ambassador berpengaruh pada keputusan pembelian produk kosmetik Madame Gie terhadap mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana, (2) mengetahui apakah brand image memiliki pengaruh pada keputusan pembelian produk kosmetik Madame Gie terhadap mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana, (3) mengetahui apakah kualitas produk memiliki pengaruh pada keputusan pembelian produk kosmetik Madame Gie terhadap mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana, (4) mengetahui apakah persepsi harga memiliki pengaruh pada keputusan pembelian produk kosmetik Madame Gie terhadap mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini ialah 150 mahasiswa Universitas Kristes Duta Wacana pengguna dan pembeli produk kosmetik Madame Gie. Pengumpulan data dilakukan dengan memberi kuesioner menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan ialah Analisis Linier Berganda, Uji R2, Uji nilai F dan Uji nilai t.  Hasil penelitian menunjukan variabel brand ambassador, kualitas produk, dan persepsi harga memiliki pengaruh signifikan pada keputusan pembelian, sedangkan variabel brand image tidak memberi pengaruh signifikan pada keputusan pembelian.

Kata kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.

Referensi

Aurelia, N., Thalib, S., dan Hubbansyah, A. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Susu Beruang Bearbrand pada saat Pandemi Covid-19 (Studi Empiris pada Pelanggan Marketplace Shopee di Desa Sindangagung Kuningan Jawa Barat). JIMP Vol 2 (1) (Maret 2022) hal: 53 – 69 e - ISSN 2775-9679 p - ISSN 2774-9525. Retrieved from: http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/.
Budiyanto, A. (2021). Pemasaran Jasa Pengertian dan Perkembangan. Jakarta, Indonesia: Cipta Media Nusantara.
Compass. (2022, Desember 07). Tumbuh Pesat! Ini Dia Data Penjualan Kosmetik di Indonesia. Retrieved from https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik-di-indonesia/.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Jawa Timur, Indonesia: Penerbit Qiara Media.
Kamila, N. C., dan Khasanah, I. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ikan dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Central Proteina Prima Cabang Tegal). Diponegoro Journal of Management Volume 11, Nomor 6, Tahun 2022. Retrieved From: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36615.
Kotler, P., and Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Essex, England: Pearson Education.
Lemeshow, S., Hosmer Jr, D. W., Klar, J., Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University Press.
Oktaviani, K. (2019, 16 September). Review Kosmetik Terjangkau Madame Gie dari Gisella Anastasia. Retrieved https://wolipop.detik.com/beauty-hacks/d-4708617/review-kosmetik-terjangkau-madam-gie-dari-gisella-anastasia.
Paramitha, M. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision MS Glow di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Retrieved From: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8029.
Paramitha, M. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision MS Glow di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Retrieved From: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8029.
Pintubatu, C., dan Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia. e-Proceeding of Management: Vol.8, No.5 Oktober 2021. Retrieved From: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16217/15925.
Putra, E. T. K., dan Pudjoprastyono. H. (2023). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet XL. Jurnal Manajemen Vol. 17 No. 1 April 2023 (ISSN Cetak 1978-6573) (ISSN Online 2477-300X). Retrieved From: https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/1118.
Putra, E. T. K., dan Pudjoprastyono. H. (2023). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet XL. Jurnal Manajemen Vol. 17 No. 1 April 2023. Retrieved From: https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/1118.
Schiffman, L., dan Leslie L. K. (2008). Perilaku Konsumen (Diterjemahkan oleh: Zoelkifli Kasip). Jakarta, Indonesia: Indeks.
Tim Wowkeren. (2021, Januari 15). Gisel Menjawab Kabar Soal Posisinya Sebagai Brand Ambassador Madame Gie Digantikan Amanda Manopo. Retrieved from https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00347969.html.
Diterbitkan
2023-11-30

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##