STUDI ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGAMBIL KREDIT SEPEDA MOTOR MELALUI INOVASI LAYANAN DAN WEB DESIG QUALITY PADA FIFIGROUP CABANG PONTIANAK
Abstrak
Studi dalam penelitian ini bertujuan membangun kerangka berpikir untuk mengetahui hubungan orientasi pelanggan melalui variabel inovasi layanan, web design quality terhadap keputusan kredit motor pada FIFGROUP Cabang Pontianak. Hasil penelitian ini diperoleh dari tanggapan responden mengenai keputusan mengambil kredit sepeda motor. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasinya adalah pelanggan FIFGROUP Cabang Pontianak yang berjumlah 154 responden yang disebarkan oleh peneliti. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling dan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner. Peneliti menggunakan bantuan program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 24. Hasil yang diperoleh dalam pengujian SEM (Structual Equation Modelling) menunjukkan adalahnya pengaruh orientasi pelanggan terhadap keputusan mengambil kredit melalui inovasi layanan dan web design quality. Hasil pengujian yang ditunjukkan pada uji regression weight diperoleh kesimpulan bahwa orientasi pelanggan melalui inovasi layanan dan web design quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan mengambil kredit, namun orientasi pelanggan tidak ]berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengambil kredit.
Referensi
Asmoro, D. R., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merk dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RS Keluarga Sehat di Kab Pati. Management Analysis Journal, 6(1). http://maj.unnes.ac.id
Dapas, C. C., Sitorus, T., Purwanto, E., & Ihalauw, J. J. O. I. (2019). The effect of service quality and website quality of zalora.Com on purchase decision as mediated by purchase intention. Quality - Access to Success, 20(169), 87–92.
Fawzi, H. et al. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi.
Firdaus, A., Sobarna, A., & Azel, F. E. (2021). Inovasi Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce: Peran dari Customer Value Creation. Prosiding Industrial Research …, 4–5. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2832/2211
Ghafiki, R., & Setyorini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Bukalapak.com. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(1), 678–686.
Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis of product innovation, product quality, promotion, and price, and purchase decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, 16(5), 183–189.
Hiong, L. S., Tae, A., & Listiana, E. (2020). Techno-resonance innovation capability for enhancing marketing performance : A perspective of. 21, 329–339.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Kacaribu, S. N. S., & Sibarani, H. J. (2021). The Impact of Online Application Competition, Discount Prices and Cinemax Service Innovation on Online Cinema Ticket Purchase Decisions in Medan City. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 215–223.
Mustikasari, D., Saputri, D., Sari, D. R., Hartini, S., & Ekawaty, N. (2021). Pengaruh Bundling Produk Dan Inovasi Layanan 4.5G Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xl Pascabayar. Jurnal Ilmiah Manajemen “E M O R,” 4(2), 284.
Rachmat, B. (2017). Orientasi Pelanggan, Orientasi Pasar Dan Inovasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis Hotel Berbintang Tiga Di Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 11(3), 367.
Sahir, S. H., Mardia, Mistriani, N., Sari, O. H., Dewi, I. K., Purba, B., Sudarso, A., Saragih, L., Simarmata, H. M. P., Munthe, R. N., Gandasari, D., & Murdana, I. M. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.
Suciadi, V. A. P., Ahmad, F., & Hidayat, M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Go-Food Di Kota Makassar. 2, 75–85.
Tuwuh Sembhodo, A., Hermawati, A., Fatmawati, E., & Wayan Ruspendi Junaedi, I. (2022). Purchasing decision optimization strategy by service quality innovation through purchase intention. Jurnal Inovasi Ekonomi, 7(01), 25–32.
Wilson, N., Keni, K., & Tan, P. H. P. (2019). The effect of website design quality and service quality on repurchase intention in the E-commerce industry: A cross-continental analysis. In Gadjah Mada International Journal of Business (Vol. 21, Issue 2, pp. 187–222).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in MSDJ are freely available without charge to users or / institutions. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remixes, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.