PERAN MATHS KOOBITS DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemandirian belajar matematika penting untuk dikembangkan dalam diri siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan media pembelajaran e-learning. Maths KooBits merupakan salah satu platform pembelajaran matematika online yang dirancang khusus untuk membantu performa siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Maths KooBitsdalam mengembangkan kemandirian belajar matematika siswa di jenjang Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data yang digunakan berupa literatur-literatur terbitan 2014-2022 yang terkait dengan kemandirian belajar dan Maths KooBits. Dari data-data yang sudah dikaji dapat disimpulkan bahwa penggunaan Maths KooBits memberikan pengaruh positif dalam pengembangan kemandirian belajar matematika siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, penggunaan platform KooBits dapat dijadikan salah satu alternatif dalam upaya pengembangan kemandirian belajar matematika siswa sekolah dasar.
References
Agustyani, W. D., & Rindaningsih, I. (2022). Urgensi Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Virtual. Academia Open.
Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99-110.
Amral & Asmar. (2020). Hakikat belajar & pembelajaran. Indonesia: Guepedia.
Arifian, F. D. (2019). Menalar problem pendidikan dan bahasa. Yogyakarta: PT Kanisius.
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-12.
Azizah, A.N., dkk. (2022). Matematika diera disrupsi: Peluang dan tantangan. Semarang: CV. ALINEA MEDIA DIPANTARA.
Bungsu, T., dkk. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 382-389.
Fazariah Noor, dkk. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK & Pendidikan, 40-48.
Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-learning. Jurnal Edukasi.
Gusnita, dkk. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair square (TPSq). Jurnal BSIS, Vol 3 No 2.
Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). MATHEMATICAL LITERACY PROFILE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA: A SCOPING REVIEW. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279-295.
Hatip, A., & Listiana, Y. (2019). Minat, Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam E-learning Berbasis Edmodo. Aksioma, 8(3), 485.
Huda, M.N., dkk. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA.
Isrokatun, dkk. (2020). Pembelajaran matematika dan sains secara integratif melalui situation-based learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Lanani, K. (2022). Sosok guru impartiality dan pembelajaran matematika inovatif. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 73-84.
Nur Hidayah, dkk. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terapannya di Kelas. Malang: Gunung Samudera.
Rapiadi. (2022). Pengaruh kemandirian belajar siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama budha. Nagari Koto Baru: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Rifka, dkk. (2022). Filsafat Pendidikan Matematika. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peran Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berwirausaha Mahasiswa STIM Shanti Bhuana. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 32-38.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 522-527.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Sijabat, O. P., Gea, E. D., Simarmata, R. J., Situmorang, A. R., Naibaho, T., & Sitepu, S. (2022). MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI DAN NILAI-NILAI MATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 171-182
Sinambela, P. N. (2022). Inovasi pembelajaran era digitalisasi. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sreylak, O., Sampouw, F., Saputro, T. V. D., & Lumbantobing, W. L. (2022). MATHEMATICS CONCEPT IN ELEMENTARY SCHOOL: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 268-278.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri. Indramayu: ADAB.
Suryono, D. W. (2020, September). Cloud Computing Indonesia. Retrieved from https://www.cloudcomputing.id/berita/koobits-solusi-belajar-online-menggunakan-ai-dan-big-data
Sutrisno, J. (2022). Kemampuan pemecahan masalah geometri. Tangerang: Lembaga Literasi Dayak.
Windura, S. (2008). Brain Management Series For Learning Strategy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Copyright (c) 2023 Santa Veronika Sitepu, Jessica Dwi Gracia Saragih, Efron Manik, Adi Situmorang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).