PERAN ORANG TUA SISWA DALAM MENGHINDARI FENOMENA LOSS LEARNING TO LOSS GENERATION PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat segala aspek kehidupan mengalami kemandekan, termasuk dalam aspek pendidikan yang pernah beralih pada sistem kurikulum darurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran orang tua siswa dalam menjalani dunia pendidikan anak dimasa pandemi covid-19. Terdapat 3 informan dalam penelitian ini, keseluruhannya merupakan orang tua siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil pada penelitian mengungkapkan bahwa masih banyak orang tua yang mengalami kesulitan dalam membagi waktu, antara kewajiban sebagai Ibu rumah tangga dan kegiatan personal lainnya seperti bekerja. Disamping itu minimnya atensi yang diberikan oleh pihak instansi sekolah kepada orang tua siswa mengenai sistem tata kelola berjalannya pendidikan dimasa pandemi, seperti penggunaan kurikulum, penggunaan platform pemblajaran, dan hal lainnya yang mendukung proses KBM.
References
Dewi, Putu Ida Arsani. 2021. “Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID: Implementasi,Tantangan,Dan Solusi Dalam Pembelajaran Daring.” PINTU: Pusat Penjaminan Mutu 2 (1): 11–20.
Al Atieq, A. N. L. (2020). HAMBATAN YANG DIALAMI SISWA KELAS V SDIT NURUL HUDA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 205-214.
Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi. 2018. “Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 2 (2): 61–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.52.
Gazali, Munawir, and Made Ayu Pransisca. 2021. “Dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam.” Jurnal Ilmiah Global Education 2 (1): 87–95.
Handayani, Riska. 2019. “Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 6 (1): 15–26.
Hanum, Umi Latifah, Masturi, and Khamdun. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara.” Jurnal Inovasi Penelitian 2 (8): 2443–50.
Indriyani, Fenny, and Yusnani Yusnani. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3 (1): 90–96. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1434.
Isnaini, irma nur, ni wayan Rati, and Kadek Suranata. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 6 (1): 84–91.
Lumbantobing, W. L., & Purnasari, P. D. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Selama Pandemi Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 25(2), 555-561.
Magdalena, Ina, Ayu Wahyuni, and Davina Dewi Hartana. 2020. “Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di SDN 1 Tanah Tinggi.” Edukasi Dan Sains 2 (01): 366–77.
Marwanto, Agung. 2021. “Pembelajaran Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Basicedu 5 (4): 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128.
Munjiat, Siti Maryam. 2020. “Analisis Upaya Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dimasa Pandemi.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6 (2): 230–42. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.146.
Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–91.
Rizki, D. S., & Hanik, E. U. (2021). Studi Analisis Persiapan Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Kelas I SDN 01 Kajeksan Kudus. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 15-23.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Sangaji Anwar Wiranto, Ahmad Alvian Hermawan. n.d. “Pengaruh Penggunaan Smartphone,” 251–55.
Sari, Novy Zuliana, Erik Aditia Ismaya, and Noor Ahsin. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Gemiring Lor.”
Shofia, Novia Ayya, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. 2021. “Pengaruh Penguasaan It Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi.” Forum Paedagogik 12 (2): 201–15. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901.
Silvester, S., Sadewo, Y. D., & Sumarni, M. L. (2022, January). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 947-955).
Sironga, Inri Cicilian, Jerizal Petrus, Alpres Tjuana, and Jonherz Stenlly Patalatu. 2022. “Identifikasi Kendala Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 6 (1): 573–80. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1958.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suprapti, Suprapti. 2022. “Analisis Persepsi Orangtua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Al-Huda Rejowinangun.” Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan 8 (1): 44–50. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.286
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.
Widia Ningsih, Purwani, and Febrina Dafit. 2021. “Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” MIMBAR PGSD Undiksha 9 (3): 508. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379.
Ziva, Siti Lestari and Minsih. 2021. “Cendekiawan” 3 (1): 1–7.
Copyright (c) 2023 Anggi Prasetia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).