EVALUASI PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYBRID LEARNING

  • Santa Veronika Sitepu Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen, Medan-Indonesia
  • Oslen Parulian Sijabat Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen, Medan-Indonesia
  • Tutiarny Naibaho Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen, Medan-Indonesia
  • Ruth Mayasari Simanjuntak Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen, Medan-Indonesia
Keywords: Evaluasi Psikomotorik, Hybrid Learning, Pembelajaran Matematika

Abstract

Artikel ini membahas tentang evaluasi psikomotorik dalam pembelajaran matematika berbasis hybrid learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui kajian telaah Pustaka, penggunaan buku dan jurnal yang berkaitan dengan artikel ini, sehingga diharapka artikel ini dapat menjadi acuan guru matematika dalam melakukan evaluasi psikomotorik dalam pembelajaran matematika berbasis hybrid learning. Salah satu dampak pandemi Covid-19 dalam bidang Pendidikan di Indonesia adalah penggunaan model pembelajaran Hybrid, dimana siswa dapat belajar secara daring (online learning) dan tatap muka di waktu bersamaan. Dalam pembelajaran matematika berbasis hybrid learning, guru dapat mengevaluasi ranah psikomotorik siswa dengan menggunakan teknik penilaian psikomotorik yang lebih bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa, baik siswa yang belajar secara daring maupun tatap muka.

References

Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: ANDI.

Depdiknas. (2003). Undang - Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Galus, S. S., Arifin, A., & Sulkifly, S. (2021). Kesiapan Sekolah Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Hybrid learning Di SMA Kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, I(1), 41 - 56.

Hakim. (2019). Menjawab Tantangan Era Industry 4.0 Dengan Menjadi Wirausahawan Di Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, II.

Hasanah Alif, dkk. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Hernawati, P. L., Saputro, T. V. D., & Rudhito, M. A. (2021, May). AN ANALYSIS ON STUDENTS LEARNING DIFFICULTIES ON BASIC MATHEMATICS SUBJECT. In Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021.

Mardapi, D. (2003). Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Retrieved from www.nctm.org.

Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. 9(2), 385- 400.

Pertiwi dkk. (2022). Literasi TIK dan Media Pembelajaran. Sukoharjo: Penerbit Pradina Pustaka.

Putra, I, A. (2015). Orientasi hybrid learning melalui model hybrid learning dengan bantuan multimedia di dalam kegiatan pembelajaran. Eduscope.

Rahmahilma, S. A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iv Sdn Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Bandung. Universitas Pasundan.

Reffiane, dkk. (2021). Penerapan Model Hybrid learning Berpendekatan Etno-Stem. Pekalongan: PT. Naya Expanding Management.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). FILSAFAT MATEMATIKA: KEDUDUKAN, PERAN, DAN PERSEPEKTIF PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28.

Sapiah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1414- 1422.

Saputro, T. V. D., & Mahmudi, A. (2020, August). Reflective pedagogical paradigm approach in mathematics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1613, No. 1, p. 012007). IOP Publishing.

Sereliciouz. (2022, Februari 5). Hybrid learning – Pengertian, Manfaat, Langkah. Retrieved Juni 14, 2022, from https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/hybrid-learning/.

Simarmata, dkk. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiarti. (2018). ). Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. PASCAL, 2(1), 79- 84.

Sukardi dan Nurlaili Handayani. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi). Indramayu: Penerbit Adab.

Sutiah. (2019). Pengembangan Pembelajaran Hybrid learning: Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Wahyuddin, dkk. (2021). Pendidikan Nonformal dan Pandemi Covid-19. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published
2022-09-09
How to Cite
Veronika Sitepu, S., Parulian Sijabat, O., Naibaho, T., & Mayasari Simanjuntak, R. (2022). EVALUASI PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYBRID LEARNING. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 251-267. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.487

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.