EVALUASI PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYBRID LEARNING
Abstract
Artikel ini membahas tentang evaluasi psikomotorik dalam pembelajaran matematika berbasis hybrid learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui kajian telaah Pustaka, penggunaan buku dan jurnal yang berkaitan dengan artikel ini, sehingga diharapka artikel ini dapat menjadi acuan guru matematika dalam melakukan evaluasi psikomotorik dalam pembelajaran matematika berbasis hybrid learning. Salah satu dampak pandemi Covid-19 dalam bidang Pendidikan di Indonesia adalah penggunaan model pembelajaran Hybrid, dimana siswa dapat belajar secara daring (online learning) dan tatap muka di waktu bersamaan. Dalam pembelajaran matematika berbasis hybrid learning, guru dapat mengevaluasi ranah psikomotorik siswa dengan menggunakan teknik penilaian psikomotorik yang lebih bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa, baik siswa yang belajar secara daring maupun tatap muka.
References
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: ANDI.
Depdiknas. (2003). Undang - Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Galus, S. S., Arifin, A., & Sulkifly, S. (2021). Kesiapan Sekolah Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Hybrid learning Di SMA Kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, I(1), 41 - 56.
Hakim. (2019). Menjawab Tantangan Era Industry 4.0 Dengan Menjadi Wirausahawan Di Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, II.
Hasanah Alif, dkk. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
Hernawati, P. L., Saputro, T. V. D., & Rudhito, M. A. (2021, May). AN ANALYSIS ON STUDENTS LEARNING DIFFICULTIES ON BASIC MATHEMATICS SUBJECT. In Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021.
Mardapi, D. (2003). Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Retrieved from www.nctm.org.
Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. 9(2), 385- 400.
Pertiwi dkk. (2022). Literasi TIK dan Media Pembelajaran. Sukoharjo: Penerbit Pradina Pustaka.
Putra, I, A. (2015). Orientasi hybrid learning melalui model hybrid learning dengan bantuan multimedia di dalam kegiatan pembelajaran. Eduscope.
Rahmahilma, S. A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iv Sdn Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Bandung. Universitas Pasundan.
Reffiane, dkk. (2021). Penerapan Model Hybrid learning Berpendekatan Etno-Stem. Pekalongan: PT. Naya Expanding Management.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). FILSAFAT MATEMATIKA: KEDUDUKAN, PERAN, DAN PERSEPEKTIF PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28.
Sapiah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1414- 1422.
Saputro, T. V. D., & Mahmudi, A. (2020, August). Reflective pedagogical paradigm approach in mathematics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1613, No. 1, p. 012007). IOP Publishing.
Sereliciouz. (2022, Februari 5). Hybrid learning – Pengertian, Manfaat, Langkah. Retrieved Juni 14, 2022, from https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/hybrid-learning/.
Simarmata, dkk. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiarti. (2018). ). Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. PASCAL, 2(1), 79- 84.
Sukardi dan Nurlaili Handayani. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi). Indramayu: Penerbit Adab.
Sutiah. (2019). Pengembangan Pembelajaran Hybrid learning: Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Wahyuddin, dkk. (2021). Pendidikan Nonformal dan Pandemi Covid-19. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Copyright (c) 2022 Santa Veronika Sitepu, Oslen Parulian Sijabat, Tutiarny Naibaho, Ruth Mayasari Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).