DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak selama pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar.Selain itu, juga untuk mengupas apa saja yang menjadi penyebab kenaikan hasil belajar siswa yang sangat pesat dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Penulisan ini dilakukan melalui studi pustaka. Objek penelitian ini adalah hasil belajar selama pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mencari jurnal-jurnal dan buku dari berbagai media elektronik seperti: google scholar, google cendekia, dan garudaristekdikti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bibliografi beranotasi analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama pembelajaran daring dapat berdampak pada hasil belajar siswa utamanya pada siswa Sekolah Dasar. Peran orang tua sangat diperlukan. Namun, peran ini jangan dimaknai untuk menggantikan tanggungjawab siswa. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif seperti sifat ketergantungan, kurang percaya diri, tidak bertanggungjawab, dan tidak mandiri. Di sisi lain, peran guru sebagai penyedia platform belajar menarik memliki dampak positif seperti membentuk karakter siswa, siswa dapat mengeksplore pengetahuan, dan lebih termotivasi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai kemampuan.
References
Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astini, N. K. S. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. Vol.12 Nomor 2 Halaman 13-25.
Cahyati dan Kusumah. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age. Vol.4 Nomor 1 Halaman 152-159.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dits Prasanti, D, R, F. 2018. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Pembentukan Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas. Vol.2 Nomor 1 Halaman 15.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rafika, A. S., Yunan Putri, H., & Widiarti, F. D. 2017. Sebagai Sumber baru Untuk Kutipan. Cerita,3(2), 13.
Silvester, S., Purnasari, P. D., & Sumarni, M. L. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Negeri 02 Bengkayang. Sebatik, 25(2), 411-417.
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Sojopuro Dalam Masa Covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Suswandari, M. 2017. Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Bahan Ajar IPS. Jurnal Edudikara Vol.2 Nomor 4 Desember 2017. Pasca Sarjana UNS.
Industri Padang tahun 2012-2013. Jurnal Ilmiah Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan. Vol.3 Nomor 1 Halaman 172-180.
Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19).
Copyright (c) 2022 Novalia Yudha Aji Pamungkas, Meidawati Suswandari, Tiya Ayu Isnaini Fitrotiha, Mohamad Sapi’i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).