DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Novalia Yudha Aji Pamungkas Program Studi PGSD, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi, Surakarta-Indonesia
  • Meidawati Suswandari Program Studi PGSD, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo-Indonesia
  • Tiya Ayu Isnaini Fitrotiha Program Studi PGSD, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi, Surakarta-Indonesia
  • Mohamad Sapi’i Program Studi PGSD, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi, Surakarta-Indonesia
Keywords: Dampak, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak selama pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar.Selain itu, juga untuk mengupas apa saja yang menjadi penyebab kenaikan hasil belajar siswa yang sangat pesat dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Penulisan ini dilakukan melalui studi pustaka. Objek penelitian ini adalah hasil belajar selama pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mencari jurnal-jurnal dan buku dari berbagai media elektronik seperti: google scholar, google cendekia, dan garudaristekdikti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bibliografi beranotasi analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama pembelajaran daring dapat berdampak pada hasil belajar siswa utamanya pada siswa Sekolah Dasar. Peran orang tua sangat diperlukan. Namun, peran ini jangan dimaknai untuk menggantikan tanggungjawab siswa. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif seperti sifat ketergantungan, kurang percaya diri, tidak bertanggungjawab, dan tidak mandiri. Di sisi lain, peran guru sebagai penyedia platform belajar menarik memliki dampak positif seperti membentuk karakter siswa, siswa dapat mengeksplore pengetahuan, dan lebih termotivasi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai kemampuan.

References

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astini, N. K. S. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. Vol.12 Nomor 2 Halaman 13-25.

Cahyati dan Kusumah. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age. Vol.4 Nomor 1 Halaman 152-159.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dits Prasanti, D, R, F. 2018. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Pembentukan Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas. Vol.2 Nomor 1 Halaman 15.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rafika, A. S., Yunan Putri, H., & Widiarti, F. D. 2017. Sebagai Sumber baru Untuk Kutipan. Cerita,3(2), 13.

Silvester, S., Purnasari, P. D., & Sumarni, M. L. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Negeri 02 Bengkayang. Sebatik, 25(2), 411-417.

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Sojopuro Dalam Masa Covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suswandari, M. 2017. Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Bahan Ajar IPS. Jurnal Edudikara Vol.2 Nomor 4 Desember 2017. Pasca Sarjana UNS.

Industri Padang tahun 2012-2013. Jurnal Ilmiah Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan. Vol.3 Nomor 1 Halaman 172-180.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19).

Published
2022-09-09
How to Cite
Yudha Aji Pamungkas, N., Suswandari, M., Fitrotiha, T. A. I., & Sapi’i, M. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 157-170. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.386

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.