HUBUNGAN LITERASI TEKNOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 30 BANCOH

  • Ursula Nova Yanti Program Studi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang-Indonesia
  • Nelly Wedyawati Program Studi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang-Indonesia
  • Yasinta Lisa Program Studi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang-Indonesia
Keywords: Literasi, Teknologi, Hasil Belajar, Siswa SD

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi teknologi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas tinggi. Hasil belajar siswa kelas tinggi kurang memuaskan, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai raport siswa, 56% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan 44% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi kausal. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, jumlah sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung, alat pengumpulan data menggunakan koesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik korelasi, dan analisis hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji t, diperoleh nilai bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, dengan kesimpulannya yakni terdapat hubungan yang sangat tinggi antara literasi teknologi dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri 30 Bancoh.

 

References

Fajar, R. (2015). Korelasi Antara Minat dan Motivasi Belajar Siswa Laki-laki dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP N 1 Jogonalan Klaten. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EDUTEACH Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Vol. 1 No. 2 , 107-115.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Saragih, E., & Wedyawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Peningkatan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 1, No. 1 , 14-24.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2010). Research Methods for Business: A Skill Building Approach, . London: John Wiley and Son, inc.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, H. Y. (2017). Profil Kemampuan Literasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung. Journal of Teaching and Learning Physics Vol. 2 No. 2 , 1-6.

Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.

Taher, M., & Abtaria, Y. (2017). Efektivitas Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika unutk Melatihkan Literasi Teknologi Siswa. GRAVITY Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, Vol 3 No. 2 , 148-157.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. JP Manper Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1 , 11-18.

Yulianti, R. Y. (2019). Model Kepengawasan Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Teknologi Guru SMP Negeri 43 Bandung. Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 4 No. 2 , 99-109.

Published
2022-09-09
How to Cite
Nova Yanti, U., Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2022). HUBUNGAN LITERASI TEKNOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 30 BANCOH. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 145-156. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.367

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.