ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV A SD NEGERI 01 KENUKUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Agata Elma Kulana PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang-Indonesia
  • Agusta Kurniati PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang-Indonesia
  • Nelly Wedyawati PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang-Indonesia
Keywords: saintifik, pembelajaran tematik, Siswa SD

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik siswa kelas IV A SD Negeri 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Analisis data Milles and Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan analisis data penerapan pendekatan saintifik, guru telah menerapkan pendekatan saintifik secara keseluruhan dan siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan sedang telah melaksanakan dengan baik pendekatan saintifik akan tetapi siswa berkemampuan rendah belum mampu melaksakan pendekatan saintifik didalam kelas secara maksimal. Kendala guru dalam menerapkan pendekatan saintifik yaitu: pemahaman dan pengetahuan guru yang masih minim, rendahnya minat baca guru sehingga penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik tidak maksimal, untuk mengatasi kendala tersebut maka sekolah mempersilahkan guru mengikuti seminar-seminar secara mandiri pada pembelajaran tematik dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sekolah berikan seperti menggunakan wifi sekolah serta guru mencari kesempatan untuk selalu mencari dari referensi-referensi yang ada mengenai penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik.

References

Apipah. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada model pembelajaran visual audiotori kinestetik dengan self assament. Yogyakarta: Tahta media group.

Daryanto. (2014). pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kurniati, A. J. (2020). Studi hasil belajar kognitif pada materi udara bersih bagi pernapasan melalui model numbered heads together. JPBIO (Jurnal Pendidikan biologi), vol 5. no 1, 107.

Kurniati. A, F. F. (2020). Analisis gaya belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Raya Kecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dasar PRAKHASA, 62.

Muliantina. (2016). Kendala guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SDN Teupin Pukat Meureudu Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, 129-136, 8.

Mustain, A. safitri, Ruhma, N., Nur Asrofah, A., Rohmaniah, A., Mubarok, H., & Ulya, F. (2021). DAMPAK PERTEMUAN DUA KULTURAL DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI (SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG-SIDH) PADA SISWA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 24-32. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.204

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.

Saputra. N, K. K. (2020). Efektifitas metode pembelajaran inkuiri berbasi web terhadap kemandirian belajar siswa dirumah. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3). ISBN: 978-623-6566-35-0, 73.

Sutmala. G. Y, H. (2020). penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas II Sekolah Dasar (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies / Vol 3 No 1 (Januari-Juni 2020), 115.

Syamsiyah. N, Wedyawati. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana kelas V SDN 02 Lengkenat. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 31.

Wedyawati. N, Syahfrudin.D, Dedi. T (2016). Peningkatan pemahaman sains siswa melalui penerapan keterampilan proses sains pada pembelajaran sains di SD Negeri 03 Seberuang Tahun Pelajaran 2015/2016. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol 7, n0 1, April 2016, 75.

Wedyawati. N, Lisa. Y. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.

Yani. A (2014). Mindset kurikulum 2013. Bandung: Alfabet.

Published
2021-09-11
How to Cite
Elma Kulana, A., Kurniati, A., & Wedyawati, N. (2021). ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV A SD NEGERI 01 KENUKUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 98-116. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.304

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.