ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV A SD NEGERI 01 KENUKUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik siswa kelas IV A SD Negeri 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Analisis data Milles and Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan analisis data penerapan pendekatan saintifik, guru telah menerapkan pendekatan saintifik secara keseluruhan dan siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan sedang telah melaksanakan dengan baik pendekatan saintifik akan tetapi siswa berkemampuan rendah belum mampu melaksakan pendekatan saintifik didalam kelas secara maksimal. Kendala guru dalam menerapkan pendekatan saintifik yaitu: pemahaman dan pengetahuan guru yang masih minim, rendahnya minat baca guru sehingga penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik tidak maksimal, untuk mengatasi kendala tersebut maka sekolah mempersilahkan guru mengikuti seminar-seminar secara mandiri pada pembelajaran tematik dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sekolah berikan seperti menggunakan wifi sekolah serta guru mencari kesempatan untuk selalu mencari dari referensi-referensi yang ada mengenai penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik.
References
Apipah. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada model pembelajaran visual audiotori kinestetik dengan self assament. Yogyakarta: Tahta media group.
Daryanto. (2014). pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Kurniati, A. J. (2020). Studi hasil belajar kognitif pada materi udara bersih bagi pernapasan melalui model numbered heads together. JPBIO (Jurnal Pendidikan biologi), vol 5. no 1, 107.
Kurniati. A, F. F. (2020). Analisis gaya belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Raya Kecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dasar PRAKHASA, 62.
Muliantina. (2016). Kendala guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SDN Teupin Pukat Meureudu Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, 129-136, 8.
Mustain, A. safitri, Ruhma, N., Nur Asrofah, A., Rohmaniah, A., Mubarok, H., & Ulya, F. (2021). DAMPAK PERTEMUAN DUA KULTURAL DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI (SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG-SIDH) PADA SISWA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 24-32. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.204
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.
Saputra. N, K. K. (2020). Efektifitas metode pembelajaran inkuiri berbasi web terhadap kemandirian belajar siswa dirumah. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3). ISBN: 978-623-6566-35-0, 73.
Sutmala. G. Y, H. (2020). penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas II Sekolah Dasar (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies / Vol 3 No 1 (Januari-Juni 2020), 115.
Syamsiyah. N, Wedyawati. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana kelas V SDN 02 Lengkenat. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 31.
Wedyawati. N, Syahfrudin.D, Dedi. T (2016). Peningkatan pemahaman sains siswa melalui penerapan keterampilan proses sains pada pembelajaran sains di SD Negeri 03 Seberuang Tahun Pelajaran 2015/2016. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol 7, n0 1, April 2016, 75.
Wedyawati. N, Lisa. Y. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Yani. A (2014). Mindset kurikulum 2013. Bandung: Alfabet.
Copyright (c) 2021 Agata Elma Kulana, Agusta Kurniati, Nelly Wedyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).