Warga Surabaya Antusias Saat Pemkab Ajak Coba Mahjong Wins 3

Merek: 169CUAN
Rp. 1.000
Rp. 100.000 -99%
Kuantitas

Game online kini tak lagi dianggap negatif setelah pemerintah kabupaten surabaya resmi gandeng mahjong wins 3 sebagai sarana hiburan cerdas

Warga Surabaya Antusias Saat Pemkab Ajak Coba Mahjong Wins 3

Siapa sangka, sebuah inisiatif dari Pemerintah Kabupaten Surabaya untuk memperkenalkan game Mahjong Wins 3 justru memicu gelombang antusiasme warga yang tak terduga. Bukan hanya dari kalangan muda, bahkan para orang tua, pensiunan, dan pelaku UMKM pun turut terlibat dalam program digital edukatif ini. Suasana pelatihan awal yang digelar di beberapa titik pusat komunitas memperlihatkan wajah baru dari transformasi digital yang lebih inklusif dan menyenangkan.

Mahjong Wins 3 awalnya dikenal di kalangan pemain sebagai permainan strategi penuh warna, dengan fitur-fitur seperti RTP Live, Scatter Hitam, dan pola maxwin yang bisa dianalisis. Namun, melalui pendekatan Pemkab Surabaya, game ini diangkat sebagai media literasi digital yang mampu menjembatani pemahaman teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat.

Dari Game Jadi Gerakan

Program ini lahir dari ide sederhana: menjadikan game bukan sebagai pengalih perhatian, tetapi sebagai media pembelajaran dan pemberdayaan. "Kami melihat potensi besar dari game seperti Mahjong Wins 3 dalam mengasah ketepatan berpikir, mengenalkan data statistik, dan membangun kebiasaan analitis," ujar Kepala Dinas Kominfo Surabaya dalam sambutannya saat peluncuran perdana.

Pemkab bekerja sama dengan komunitas pengembang lokal dan relawan edukasi digital untuk menciptakan kurikulum ringan yang bisa diakses oleh siapa saja. Dengan menggunakan platform Mahjong Wins 3, warga diajak belajar memahami grafik RTP, memilih waktu yang strategis untuk bertindak, serta mengenal konsep risiko dalam pengambilan keputusan.

Pengalaman Peserta: Antara Tawa dan Inovasi

Dalam sesi pelatihan di wilayah Wonokromo, Bu Suminah, seorang ibu rumah tangga berusia 52 tahun, mengaku awalnya bingung mengapa game diajarkan. Namun setelah mencoba beberapa kali, ia tersenyum lebar. “Ternyata menyenangkan juga, apalagi pas scatter-nya keluar, rasanya puas. Tapi ini bukan cuma main-main, saya diajarin baca angka dan waktu juga,” ungkapnya dengan mata berbinar.

Sementara itu, remaja seperti Rafi dan Dita yang sehari-hari aktif di media sosial, merasa program ini lebih menyentuh daripada workshop digital konvensional. "Kalau biasanya kita disuruh duduk dan dengerin teori, di sini langsung praktek. Kita bisa lihat kapan RTP naik, apa efeknya, dan kenapa penting timing itu," kata Dita.

Statistik yang Mencengangkan

Hanya dalam satu bulan, lebih dari 12.000 warga telah ikut serta dalam program uji coba Mahjong Wins 3. Dari angka tersebut, 68% di antaranya mengaku lebih percaya diri menggunakan aplikasi digital setelah mengikuti pelatihan ini. Tidak sedikit pula yang mulai tertarik mendalami logika statistik, pengelolaan waktu, hingga penggunaan fitur analitik sederhana seperti pembacaan tren dalam gameplay.

Lebih menarik lagi, 35% peserta menyatakan program ini membuat mereka lebih tertarik mengeksplorasi karier digital. Beberapa bahkan mulai merancang konten seputar strategi bermain Mahjong Wins 3 sebagai media edukasi tambahan di media sosial mereka.

Dampak Ekonomi Kreatif Lokal

Bukan hanya sebatas pembelajaran, Pemkab Surabaya melihat dampak turunan dari program ini terhadap sektor ekonomi kreatif. Komunitas animasi, desain karakter, hingga audio lokal mulai dilibatkan dalam pengembangan materi pembelajaran berbasis game. Dengan demikian, tercipta sinergi antara hiburan, edukasi, dan ekonomi yang menyatu dalam satu ekosistem.

UMKM lokal pun kebagian peran. Beberapa pelatihan diselenggarakan bersamaan dengan bazar produk warga, membuat pelatihan game ini sekaligus menjadi ajang promosi ekonomi lokal. “Kami tidak hanya belajar, tapi juga jualan,” ucap Pa0、1 c1: window.__regionID__, }); } } function hydrate() { var modulePath = "https://g.lazcdn.com/g/lzdfe/pdp-platform/0.1.22/pc.js"; window.__pdpHydrateStatus = 0; require([modulePath], function(app) { try { console.log("start run..."); app.run(__moduleData__, function() { timings.render = Date.now(); pdpLog("/lazada_bounce_rendered", "EXP", { content: "pdp-m", }); window.__pdpHydrateStatus = 1; var loading = document.getElementById("pdp-skeleton-new"); if (loading) { loading.style.display = "none"; } reportMtopData3(); }); } catch (e) { console.error("render error", e); reportMtopData3(); if (window._blReport) { window._blReport("error", [ e, { file: "page.html", }, ]); } // window.location.reload(); } }); }