ANALISIS KEBERADAAN BRANDING DALAM MENUNJANG DIGITAL MARKETING PADA USAHA MINA GIRI

  • Sugeng Santoso Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Sania Indri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Aprilia Enisari Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: branding, Mina Giri, marketing, MSMEs

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis strategi pemasaran produk melalui branding yang dilakukan Usaha Mina Giri, dan (2) untuk mengetahui kendala-kendala pemasaran produk Mina Giri. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk aktualisasi peran peneliti dalam menyikapi problematika yang dihadapi UMKM dalam strategi memasarkan suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dibutuhkan adanya peranan dalam meningkatkan branding untuk menstimulus proses pemasaran produk.

The purpose of this study were (1) to analyze the product marketing strategy through branding carried out by Mina Giri business (2) to determine the constraints of marketing Mina Giri products. This research was conducted as a form of actualizing the role of researchers in addressing the problems faced by MSMEs in marketing a product strategy. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques used are through observation, interviews, documentation, and data triangulation. The results of this study indicate that a role is needed in increasing branding to stimulate the product marketing process.

References

Amirulloh, Muhammad. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Melalui Pelindungan Merek Bagi UMKM Sale Pisang (Studi Kasus di RW 09 Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang). Jurnal Aplikasi Ipteks Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, 6 (1): 4-5.
Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 2(1), 2746.
Dave, Chaffey, Fiona Ellis, C. (2003). Digital Marketing (Strategi, Implementation, and Practice). e-Book Gramedia BukuKita.com.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 5360.
Ismoma. (2017). Kajian Teori Konsep Kreativitas dan Inovatif. Jurnal UIN Suska Riau, 98 (19) : 1
Lumnraja. (2012). Bersama UKM Membangun Ekonomi Rakyat dan Lingkungan Hidup. In Fakultas Ekonomi USU.
Parwito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.
Setiawati Sri Dewi. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Urnal Abdimas BSI, J 2 (1) : 1.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Published
2021-11-02
How to Cite
Sugeng Santoso, Ni Made Sania Indri Wahyuni, & Ni Komang Aprilia Enisari. (2021). ANALISIS KEBERADAAN BRANDING DALAM MENUNJANG DIGITAL MARKETING PADA USAHA MINA GIRI. Management and Sustainable Development Journal, 3(2), 70-80. https://doi.org/10.46229/msdj.v3i2.274

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.