Pengaruh Variabel – Variabel Gender-Role Orientation Terhadap Intensi Berwirausaha
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh Gender-Role Orientation yaitu maskulin, feminin dan androgynous terhadap intensi berwirausaha di Universitas Ciputra. Guna mengumpulkan data penelitian, kuesioner disebarkan ke 147 responden di Universitas Ciputra dengan tingkat pengembalian kuesioner 100%. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh variabel maskulin, feminin, dan androgynous sebagai variabel independen terhadap intensi berwirausaha sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel maskulin dan feminin tidak berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, sedangkan variabel androgynous berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha.
References
Association, G. E. (2017/2018). Global Entrepreneurship Monitor. Global Entrepreneurship Research Association.
Bem, S. L. (1974). The Measurement of Psychological Androgyny. Journal of Consulting & Clinical Psychological.
BPS. (2018). Proyeksi Penduduk Indonesia 2015-2045. Jakarta: United Nations Population Fund.
BPS. (2019). Badan Pusat Statistik. Dipetik Oktober 27, 2019, dari Indikator Strategis Nasional: https://www.bps.go.id/QuickMap?id=0000000000
Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Canada, A. P. (2018). Survey of Entrepreneurs and MSMES in Indonesia. Asia Pasific Foundation of Canada.
Chrismardani, Y. (2016). Theory of Planned Behavior Sebagai Prediktor Intensi Berwirausaha. Competence : Journal of Management Studies.
Ciputra, U. (t.thn.). Universitas Ciputra. Dipetik November 22, 2019, dari https://www.uc.ac.id/program-akademik/
Ciputra, U. (t.thn.). Universitas Ciputra. Dipetik November 22, 2019, dari https://www.uc.ac.id/akademik/ibm/
Dean, M. L., & Tate, C. C. (2016). Extending the legacy of Sandra Bem: Psychological androgyny as a touchstone conceptual advance for the study of gender in psychological science. Sex roles, 1-12.
Depkop. (2017). Depkop. Dipetik Oktober 28, 2019, dari http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1544033284_SANDINGAN_DATA_UMKM_2012-2017.pdf
Fellnhofer, K., Puumalainen, K., & Sjögrén, H. (2016). Entrepreneurial orientation and Peformance- Are sexes equal? International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research.
Gupta, V. K., Wieland, A. M., & Turban, D. B. (2019). Gender Characterizations in Entrepreneurship:A Multi-Level Investigation of Sex-Role Stereotypes about High Growth, Commercial, and Social Entrepreneurs. Journal of small business management, 131-153.
Hancock, C., Quintana, A. P., & Hormiga, E. (2014). Stereotypical Notions of The Entrepreneur: an Analysis From a Perspective of Gender. Journal of Promotion Management.
Hechavarria, D. M., & Ingram, A. E. (2016). The Entreprenurial Gender Divide . Hegemonic masculinity, Emphasized femininity and organizational forms .
Indrawan, R., & Yaniawati, R. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Jannah, B. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
KBBI. (2019). KBBI. Dipetik Oktober 29, 2019, dari https://kbbi.web.id/stereotip
Koe, W. L. (2016). The Relationship Between Individual Entrepreneurial Orienantion (IEO) and Entrepreneurial Intention. Journal of Global Entrepreneurship Research.
Kominfo. (2017, Maret 3). Kominfo. Dipetik Oktober 28, 2019, dari Kominfo.go.id
Lind, D. A., Marchal, W. G., & Wathen, S. A. (2014). Teknik-Teknik Statistika Dalam Bisnis dan Ekonomi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Mahmudah, S., & Asari, M. (2019). Perempuan Berwirausaha : Inovasi, Pengakuan Kemampuan Peluang Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Di DKI Jakarta. Jurnal Pengembangan Wiraswata.
Meyer, V., Tegtmeier, S., & Pakura, S. (2017). How Gender Role Stereotypes Affect the Image of Entrepreneurs Among Young Adults. 328.
Pranania, I. D., & Sanawiri, B. (2016). Intensi Berwirausaha Mahasiswa Brawijaya. 101.
Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Quintana, A. P., Hormiga, E., Martori, J. C., & Madariaga, R. (2017). The influence of sex and Gender-Role Orientation in the decision to become an entrepreneur. 2.
Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Garudawhaca.
Teixeira, S. J., Casteleiro, C. L., Rodrigues, R. G., & Guerra, M. D. (2017). Entrepreneurial intentions and entrepreneurship in European Countries. Intenational Journal of Innovation Science.
United Nations Development Program. (2017). United Nations Development Program. Diambil kembali dari Human Development Data: http://hdr.undp.org/en/data#
Vanhala, A., & E.J, R. (2015). Female perceptions of entrepreneurial success factor. Journal of Business and Economics, Vol. 6 No. 2, pp. 264-275.
Vleuten, M. V., Jaspers, E., Maas, I., & Lippe, T. V. (2016). Boys’ and girls’ educational choices in secondary education. The role of gender ideology. 183.
Yaniawati, R. I. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Zampetakis, L. A., Bakatsaki, M., Kafetsios, K., & Moustakis, V. S. (2016). Sex Differences in Entrepreneur's Business Growth Intentions : an identity approach
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in MSDJ are freely available without charge to users or / institutions. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remixes, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.