RANCANG BANGUN MEDIA E-BOOK FLIPBOOK INTERAKTIF PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA SEKOLAH DASAR

  • Ervhy Indra Puspita PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Bandung-Indonesia
  • Tin Rustini PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Bandung-Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Bandung-Indonesia
Keywords: e-book berbasis flipbook, multimedia, pengembangan, interaktif

Abstract

Penelitian ini didasari dari studi pendahuluan buku tematik yang hanya memaparkan materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam secara singkat. Penelitian desain dan pengembangan ini bertujuan: 1) Menghasilkan produk e-book untuk mata pelajaran IPS kelas V; 2) Mengetahui kelayakan hasil uji produk e-book untuk mata pelajaran IPS kelas V; 3) Mengetahui respon guru dan siswa terhadap produk e-book untuk mata pelajaran IPS kelas V. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk e-book multimedia yang berbasis flipbook interaktif berupa aplikasi sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi interaksi manusia dengan lingkungan alam. Hasil skor penilaian validasi produk pada ahli media sebesar 93,75% (sangat layak), pada ahli materi 95,00% (sangat layak), dan pada ahli bahasa 90,00% (sangat layak), ketiga hasil validasi menunjukan bahwa e-book dapat diuji cobakan. Selanjutnya hasil respon guru dan siswa terhadap e-book secara berurutan 87,50% (sangat baik) dan 87,86% (sangat baik). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa e-book berbasis flipbook interaktif “Kegiatanku dalam Menjaga Lingkungan Alamku” layak digunakan dalam pembelajaran IPS.

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakits. PT. Rineka Cipta.

Asrowi, Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The impact of using the interactive e-book on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Daniel, D. B., & Woody, W. D. (2013). E-textbooks at what cost? Performance and use of electronic v. print texts. Computers and Education, 62, 18–23. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.016

Hakim, R. N. (2021). 5 Bencana Alam di Awal 2021, dari Longsor Sumedang hingga Gempa Sulbar. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2021/01/18/12393831/5-bencana-alam-di-awal-2021-dari-longsor-sumedang-hingga-gempa-sulbar?page=all

Hisbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3705/2775

Munawaroh, I. (2015). Urgensi Penelitian dan Pengembangan. Studi Ilmiah UKM Penelitian.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. In Konsep Dasar IPS. Samudera Biru. https://doi.org/10.21067/press.7.7

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and Development Research Methods, Strategies, and Issues. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203826034

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Handbook of research on educational communications and technology: Fourth edition. Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition, 1–1005. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5

Rustini, T. (2016). Model Interaktif Dalam Pembelajaran IPS. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1). https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2818

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS (1st ed.). Penerbit Garudhawaca.

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Pengembangan Pendidikan. Graha Ilmu.

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SOJOPURO DALAM MASA COVID-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237

Sumiharso, R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Penerbit Pustaka Abadi.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180

Susantini, E., Puspitawati, R. P., & Suaidah, H. L. (2021). E-book of metacognitive learning strategies : design and implementation to activate student ’ s self-regulation.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Published
2021-09-11
How to Cite
Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). RANCANG BANGUN MEDIA E-BOOK FLIPBOOK INTERAKTIF PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 65-84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.