HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEDO TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Oxtapianus Tawarik SMA Negeri I Ledo, Bengkayang-Indonesia
Keywords: Penguasaan Kosakata Siswa, Keterampilan Berbicara, Studi Korelasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata siswa dengan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini dilakukan melalui desain korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Ledo tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan Teknik pengumpulan data kuantitatif deskriptif statistic dan inferensial statistik. alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik score speaking performance untuk mengukur keterampilan berbicara siswa, sedangkan untuk mengukur penguasaan kosakata siswa (vocabulary mastery) menggunakan Multiple choice test (tes pilihan ganda) dimana secara manual (test Item validity and reliability) telah dilakukan validitas dan relibilitas terhadap kedua alat test tersebut. Untuk menganalisis data didalam penelitian ini penulis menggunakan descriptive statistic (nilai individu atau individual score, nilai rata rata atau mean score) dan inferential statistic (pearson product momen correlation) untuk menghitung variable penguasaan kosakata (vocabulary mastery) dan keterampilan berbicara (speaking skill). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk tingkat Kosa Kata dan Prestasi Berbicara Siswa pada kelas XI SMAN 1 Ledo berada pada tingkat yang baik. Peneliti juga menemukan bahwa terdapat korelasi positif antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 1 Ledo tahun pelajaran 2016-2017 dengan signifikansi korelasi sebesar 0,943. Korelasi tersebut tergolong korelasi erat artinya kedua variabel memiliki korelasi yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara siswa berkorelasi positif, artinya tingkat penguasaan kosakata tertinggi maka tingkat keterampilan berbicara juga tinggi. Oleh karena itu, guru yang berperan dalam mengontrol siswa dalam proses belajar mengajar juga penting untuk mengetahui peningkatan kosa kata dan keterampilan berbicara.

References

Alqahtani, Mofareh. (2015). Pentingnya Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa dan Cara Diajarkan. Jurnal Internasional Pengajaran dan Pendidikan.

Anova, Candra. D K. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata Mahasiswa dan Keterampilan Berbicara pada Semester V Program Studi Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian. Yogyakarta: Tidak diterbitkan

Ary, Donald dkk. (2010). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Amerika Serikat: Wardsworth.

Barras, Robert. (2006). Berbicara untuk Diri Anda Sendiri Sebuah Panduan untuk Siswa. New York: Routledge.

Baker, Joanna., Westrup, Heather. (2003) Keterampilan Berbicara Penting. Kontinum: VSO Inc.

Bernstein, Stephen., Bernstein, Ruth. (1999). Teori dan Permasalahan Unsur Statistik. New york: The McGraw-Hili Companies, Inc.

Brown, H. Douglas. (2004). Prinsip Penilaian Bahasa dan Praktik Kelas. New York: Pearson Education Inc.

Cohen, L., Manion, L., Morrison, K. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan. New York: Routledge

Creswell, John W. (2012). Penelitian Pendidikan Boston: Pearson Education Inc.

Creswell, John W. (2009). Desain Riset Edisi Ketiga. Los Angeles: Sage Publication Inc.

Floris, Debora F. (2013). Sukses Di Akademik Bahasa Inggris.Jakarta. GrahaIlmu.

Lodico, Marguerite G. Spaulding, Dean T., Voegtle, Katherine H. (2010) Metode dalam Penelitian Pendidikan Edisi 2. San Francisco: John Wiley & putra.

Loraine, Susie. (2008). Vocabulary Developing.Boston.MA: Super Duper Publication.

Mehring, Jeff G. 2005). Mengembangkan Kosakata dalam Akuisisi Bahasa Kedua. Singapura: Jurnal RELC.

Ross, NK. (2005). Riset Pendidikan: Beberapa Konsep dan Terminologi Dasar. Paris, Prancis: UNESCO.

Sari, JiatiEndah., B, Nunung., Hastini. (2013) Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Keterampilan Mendengarkan Palu: E-Journal Teaching Society.

Urdan, Timothy C. (2005). Statistik dalam Bahasa Inggris Biasa Edisi ke-2. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Yuwinda. (1998). huungan penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara pada siswa kelas XI Man Model Palangkaraya. Palangka Raya: Tidak dipublikasikan.

Published
2021-09-11
How to Cite
Tawarik, O. (2021). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEDO TAHUN AJARAN 2016/2017. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 52-64. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.249

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.