HUBUNGAN GRIT DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

  • Brilliant Dwi Izzulhaq Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Tonih Feronika Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Aini Nadhokhotani Herpi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Keywords: Akademik, Grit, Mahasiswa, Prestasi

Abstract

Karakteristik seseorang yang terdiri atas tekad, ketangguhan, dan fokus untuk mencapai target/tujuan akademik disebut grit akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grit dengan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 77 orang mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjadi sampel ditentukan dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) grit dan data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara grit dengan prestasi akademik mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,282 yang termasuk dalam kategori rendah.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Aswaja Pressindo.

Abubakar, U., Azli, N. A. S. M., Hashim, I. A., Kamarudin, N. F. A., Latif, N. A. I. A., Badaruddin, A. R. M., Razak, M. Z., & Zaidan, N. A. (2021). Association Between Grit and Academic Achievement Among Undergraduate Pharmacy Students in Malaysia. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 13(5), 550–555. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2021.01.013

Adhi Prastistha Silen. (2014). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 21(02), 116–133.

Amalia, R. (2022). PERSEPSI MAHASISWA PGSD TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KONTEKS SEKOLAH INKLUSI. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 26-41.

Bazelais, P., Lemay, D. J., & Doleck, T. (2016). How Does Grit Impact College Students’ Academic Achievement in Science? European Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 33–43.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 04(02), 1125–1133.

Clark, K. N., & Malecki, C. K. (2019). Academic Grit Scale: Psychometric Properties and Associations With Achievement and Life Satisfaction. Journal of School Psychology, 72, 49–66. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2018.12.001

Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance and Passion for Long-Term Goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087–1101. https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087

Duckworth, A. L., & Quinn, P. D. (2009). Development and Validation of The Short Grit Scale (Grit-S). Journal of Personality Assessment, 91(2), 166–174. https://doi.org/10.1080/00223890802634290

Fries, S., Schmid, S., & Hofer, M. (2007). On The Relationship Between Value Orientation, Valences, and Academic Achievement. European Journal of Psychology of Education, XXII, 201–216.

Garkaz, M., Banimahd, B., & Esmaeili, H. (2011). Factors Affecting Accounting Students’ Performance: The Case of Students at The Islamic Azad University. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 122–128. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.216

Lam, K. K. L., & Zhou, M. (2019). Examining The Relationship Between Grit and Academic Achievement Within K-12 and Higher Education: A Systematic Review. Psychology in the Schools, 56(10), 1654–1686. https://doi.org/10.1002/pits.22302

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(02), 201–209.

Meriac, J. P. (2015). Examining Relationships Among Work Ethic, Academic Motivation and Performance. Educational Psychology, 35(5), 523–540. https://doi.org/10.1080/01443410.2014.895291

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63.

Purbosari, P., & Sutrisno, T. (2021). Studi Korelasi Intensitas Menonton Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Veteran Bangun Nusantara. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 117-128.

Rista Febianti Wibowo. (2014). Self Efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 03(01), 1–11.

Rizkyani, A. M. (2020). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Jakarta.

Sari, A. A., & Royanto, L. R. M. (2019). Nilai Prestasi sebagai Moderator Hubungan Kegigihan dengan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(2), 91. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p91-100

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Zuraida. (2017). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Kognisi Jurnal, 02(01), 2528–4495.

Published
2023-03-12
How to Cite
Izzulhaq, B. D., Feronika, T., & Herpi, A. N. (2023). HUBUNGAN GRIT DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 165-174. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.598

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.