STUDI ANALISIS PERSIAPAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS I SDN 01 KAJEKSAN KUDUS

  • Dina Sakhiratul Rizki Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
  • Elya Umi Hanik Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Kudus
Keywords: Pandemi covid-19, Pembelajaran Daring, Belajar Dari Rumah

Abstract

Saat ini dengan adanya pandemi pemerintah memutuskan untuk mengadakan program belajar dari rumah agar penyebaran pandemi di Indonesia tidak terus menyebar dan juga dengan adanya kegiatan tersebut membuat orang tua untuk bisa ikut memberi arahan anak dalam belajar di rumah proses ini memang cukup sulit dan pasti akan banyak menemui tantangan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai kesiapan dari orang tua terhadap adanya pembelajaran daring karena adanya covid 19. Metode penelitian yang penulis pilih adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi serta wawancara. Dari hasil penelitian sendiri menunjukan bahwa perlu adanya persiapan orang tua dalam proses pembelajaran seseorang mulai dari kondisi, fisik, dan mental seseorang yang mampu untuk melaksanakan sebuah kegiatan pembelajaran. Adapun peran orang tua selama pembelajaran daring sangat diperlukan karena orang tua sebagai pendidik utama dan pertama serta berkelanjutan bagi anak-anak mereka. Dan juga masih ada beberapa kendala yang dihadapi orang tua di dalam mendampingi anak belajar secara daring. Diantaranya permasalahan pada kesulitan di dalam menjelaskan materi atau tugas kepada murid serta keterbatasan waktu yang dipunyai dalam mendampingi anak belajar. Serta kadang orang tua yang tidak mengetahui jika ada tugas yang sudah di kirim oleh guru di karenakan orang tua tidak selalu memegang handphone.

References

Afrillia dkk. 2020. Minda Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di masa Pandemi Covid -19. Aceh, Syiah Kuala University Pers.

Bilfaqih dan Qomarudin M. Nur. 2012. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Dian Ni Putu. 2020. Bali Vs Covid-19. Bali, Nilacakra.

Handayani Tri. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020”. Salatiga : IAIN Salatiga. http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9989/1/skripsi%20pdf.pdf.diakses tanggal 17 Desember 2020 Pukul 11.39 WIB.

Kusumawati Naniek & Srimaruti Endang. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di sekolah Dasar. Solo. CV Ae Media Grafika.

Lefudin. 2012. Belajar dan Pembelajaran dilangkapi dengan model pembelajaran strategi pembelajaran pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta. CV. Budi Utama.

Luthfiyah Siti Zakiyatul. 2020. Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi Covid -19, ISSN 2655-8491, Vol. No 2.http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1315/1/SKRIPSI%20FIX.pdf. Diakses pada tanggal 17 Desember 2020 Pukul 11.21 WIB.

Mutaqinah Rina & Hidayatullah. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat, Jurnal Petik, p-ISSN:2640-7363 e-ISSN: 2614-6606, Volume 6, Nomor 2.https://journal.institutpendiidkan.ac.id/index.php/petik/article/view/869. Diakses tanggal 18 Desember 2020 Pukul 13.24

Nurkhalima Siti. 2020. ” Peran Orang Tua Dalam PembelajaranDaring Di Mi Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Salatiga : IAIN Salatiga.http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9839/1/Skripsi%20Siti%20Nur%20khalimah%2023040160013.pdf

Prasetyo Fajar Ahmad Dwi. 2020. Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X Smk N1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018).(Yogyakarta: Univesitas Sanata Dharma.

http://repository.usd.ac.id/18145/1/141114056.pdf. Diaksess tanggal 18 Desember 2020 Pukul 22.58 WIB.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tahir Thamrin dkk. 2020. Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di masa Pandemi Covid -19: Peluang Tantangan Dan Strategi. Bandung, CV Media Sains Indonesia.

Tim Dosen PAI. 2016. Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta. Deepublish.

Whardhani Tsaniya Zahra Yuthika & Krisnani Hetty. 2020. “Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di masa Pandemi Covid-19”. Prosiding Penelitian&Pengabdian Kepada Masyarakat. e ISSN: 2581-1126 p ISSN: 2442-448X. Vol. 7. No: 1.

http://Jurnal.Unpadac.id/prosding/article/view/28256. diakses pada 17 Desember 2020. Pukul 11,30 WIB.

Wijaya David. 2019. Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana.

Published
2021-02-04
How to Cite
Rizki, D. S., & Hanik, E. U. (2021). STUDI ANALISIS PERSIAPAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS I SDN 01 KAJEKSAN KUDUS. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 15-23. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.220

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.