STUDI ANALISIS PERSIAPAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS I SDN 01 KAJEKSAN KUDUS
Abstract
Saat ini dengan adanya pandemi pemerintah memutuskan untuk mengadakan program belajar dari rumah agar penyebaran pandemi di Indonesia tidak terus menyebar dan juga dengan adanya kegiatan tersebut membuat orang tua untuk bisa ikut memberi arahan anak dalam belajar di rumah proses ini memang cukup sulit dan pasti akan banyak menemui tantangan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai kesiapan dari orang tua terhadap adanya pembelajaran daring karena adanya covid 19. Metode penelitian yang penulis pilih adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi serta wawancara. Dari hasil penelitian sendiri menunjukan bahwa perlu adanya persiapan orang tua dalam proses pembelajaran seseorang mulai dari kondisi, fisik, dan mental seseorang yang mampu untuk melaksanakan sebuah kegiatan pembelajaran. Adapun peran orang tua selama pembelajaran daring sangat diperlukan karena orang tua sebagai pendidik utama dan pertama serta berkelanjutan bagi anak-anak mereka. Dan juga masih ada beberapa kendala yang dihadapi orang tua di dalam mendampingi anak belajar secara daring. Diantaranya permasalahan pada kesulitan di dalam menjelaskan materi atau tugas kepada murid serta keterbatasan waktu yang dipunyai dalam mendampingi anak belajar. Serta kadang orang tua yang tidak mengetahui jika ada tugas yang sudah di kirim oleh guru di karenakan orang tua tidak selalu memegang handphone.
References
Afrillia dkk. 2020. Minda Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di masa Pandemi Covid -19. Aceh, Syiah Kuala University Pers.
Bilfaqih dan Qomarudin M. Nur. 2012. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Dian Ni Putu. 2020. Bali Vs Covid-19. Bali, Nilacakra.
Handayani Tri. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020”. Salatiga : IAIN Salatiga. http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9989/1/skripsi%20pdf.pdf.diakses tanggal 17 Desember 2020 Pukul 11.39 WIB.
Kusumawati Naniek & Srimaruti Endang. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di sekolah Dasar. Solo. CV Ae Media Grafika.
Lefudin. 2012. Belajar dan Pembelajaran dilangkapi dengan model pembelajaran strategi pembelajaran pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta. CV. Budi Utama.
Luthfiyah Siti Zakiyatul. 2020. Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi Covid -19, ISSN 2655-8491, Vol. No 2.http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1315/1/SKRIPSI%20FIX.pdf. Diakses pada tanggal 17 Desember 2020 Pukul 11.21 WIB.
Mutaqinah Rina & Hidayatullah. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat, Jurnal Petik, p-ISSN:2640-7363 e-ISSN: 2614-6606, Volume 6, Nomor 2.https://journal.institutpendiidkan.ac.id/index.php/petik/article/view/869. Diakses tanggal 18 Desember 2020 Pukul 13.24
Nurkhalima Siti. 2020. ” Peran Orang Tua Dalam PembelajaranDaring Di Mi Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Salatiga : IAIN Salatiga.http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9839/1/Skripsi%20Siti%20Nur%20khalimah%2023040160013.pdf
Prasetyo Fajar Ahmad Dwi. 2020. Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X Smk N1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018).(Yogyakarta: Univesitas Sanata Dharma.
http://repository.usd.ac.id/18145/1/141114056.pdf. Diaksess tanggal 18 Desember 2020 Pukul 22.58 WIB.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tahir Thamrin dkk. 2020. Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di masa Pandemi Covid -19: Peluang Tantangan Dan Strategi. Bandung, CV Media Sains Indonesia.
Tim Dosen PAI. 2016. Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta. Deepublish.
Whardhani Tsaniya Zahra Yuthika & Krisnani Hetty. 2020. “Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di masa Pandemi Covid-19”. Prosiding Penelitian&Pengabdian Kepada Masyarakat. e ISSN: 2581-1126 p ISSN: 2442-448X. Vol. 7. No: 1.
http://Jurnal.Unpadac.id/prosding/article/view/28256. diakses pada 17 Desember 2020. Pukul 11,30 WIB.
Wijaya David. 2019. Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana.
Copyright (c) 2021 Dina Sakhiratul Rizki, Elya Umi Hanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).