HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ananda Anugerah Sukma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta-Indonesia
  • Anggit Grahito Wicaksono Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta-Indonesia
  • Ema Butsi Prihastari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta-Indonesia
Keywords: Kedisiplinan Belajar, Matematika, Reward and Punishment

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pemberian reward and punishment dengan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Kestalan No.05, Surakarta, Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan penelitian positivistik. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Korelasi atau Korelasional. Adapun populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IIIA dan IIIB sejumlah 44 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampe sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berupa angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan tingkat korelasi kuat antara reward and punishment dengan kedisiplinan belajar. Nilai korelasi 0,796 bertanda positif dan memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat hubungan atau korelasi yang positif antara reward and punishment dengan kedisiplinan belajar siswa kelas III dalam mata pelajaran matematika SD Negeri Kestalan No. 05.

References

Ananda, Rusydi dan Fadhli, Muhammad. 2018. Statistik Pendidikan. Medan: Widyapuspita.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Arifin, Zainal. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali. 2021. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dimmera, B. G., Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2022). PERSEPSI, KEBUTUHAN DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA” PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI WILAYAH PERBATASAN. Sebatik, 26(2), 768-773.

Fitri, Y. R. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme).

Gunawan, Imam dan Benty, Djum, Djum, Noor. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Harahap, Tuti Khairani, dkk. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan. Klaten: Tahta Media Group.

Hidayah, I. K., & Mulyadi, M. P. (2018). Pengaruh Reward (Hadiah) Dan Punishment (Hukuman) Terhadap Kedisiplinan Dalam Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Jamaludin, G. M., & Yulianti, L. (2020). Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Cisetu III. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(2), 187-201.

Matje, I. (2022). Hubungan Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 122-128.

Maulidia, S. Z., Bua, A. T., & Nanna, A. W. I. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 3(1), 111-120.

Purwanti, E., Yantoro, Y., & Pamela, I. S. (2020). Kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 112-117.

Rauqillah, D. R., Makarim, C., & Mukhtar, M. (2018). Hubungan Antara Kedisiplinan Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI AL-FALAH Cibinong Kabupaten Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 174-192.

Rosyid, Moh, Zaiful dan Abdullah, Aminol, Rosid. 2018. Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Salminawati, S. (2019). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Di Madrasah Se-Kota Medan. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 1-13.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210-219.

Setiawan, Hasrian Rudi. 2021. Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). Medan: Umsupress.

Sijabat, O. P., Gea, E. D., Simarmata, R. J., Situmorang, A. R., Naibaho, T., & Sitepu, S. (2022). MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI DAN NILAI-NILAI MATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 171-182.

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77-88.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, A., & Sugiarti, R. (2021). Hubungan antara Pemberian Hadiah terhadap Kedisiplinan Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Intervening. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 231-246.

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal kreatif: jurnal kependidikan Dasar, 7(1).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278-1287.

Wahyuni, T. (2019). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Waqiah, W., & Dj, M. Z. (2021). Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMKN 4 Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 4(1), 71-84.

Yudiyanti, Y., & Purnasari, P. D. (2021). Upaya Pemberian Penghargaan untuk Mewujudkan Kedisiplinan Guru SD Negeri Wulungsari dalam Mengerjakan Administrasi Kelas. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 43-51.

Published
2023-03-12
How to Cite
Sukma, A. A., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2023). HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR . Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 226-237. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.651

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.