HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pemberian reward and punishment dengan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Kestalan No.05, Surakarta, Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan penelitian positivistik. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Korelasi atau Korelasional. Adapun populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IIIA dan IIIB sejumlah 44 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampe sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berupa angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan tingkat korelasi kuat antara reward and punishment dengan kedisiplinan belajar. Nilai korelasi 0,796 bertanda positif dan memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat hubungan atau korelasi yang positif antara reward and punishment dengan kedisiplinan belajar siswa kelas III dalam mata pelajaran matematika SD Negeri Kestalan No. 05.
References
Ananda, Rusydi dan Fadhli, Muhammad. 2018. Statistik Pendidikan. Medan: Widyapuspita.
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Arifin, Zainal. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djaali. 2021. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dimmera, B. G., Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2022). PERSEPSI, KEBUTUHAN DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA” PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI WILAYAH PERBATASAN. Sebatik, 26(2), 768-773.
Fitri, Y. R. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme).
Gunawan, Imam dan Benty, Djum, Djum, Noor. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Harahap, Tuti Khairani, dkk. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayah, I. K., & Mulyadi, M. P. (2018). Pengaruh Reward (Hadiah) Dan Punishment (Hukuman) Terhadap Kedisiplinan Dalam Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Jamaludin, G. M., & Yulianti, L. (2020). Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Cisetu III. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(2), 187-201.
Matje, I. (2022). Hubungan Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 122-128.
Maulidia, S. Z., Bua, A. T., & Nanna, A. W. I. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 3(1), 111-120.
Purwanti, E., Yantoro, Y., & Pamela, I. S. (2020). Kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 112-117.
Rauqillah, D. R., Makarim, C., & Mukhtar, M. (2018). Hubungan Antara Kedisiplinan Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI AL-FALAH Cibinong Kabupaten Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 174-192.
Rosyid, Moh, Zaiful dan Abdullah, Aminol, Rosid. 2018. Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.
Salminawati, S. (2019). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Di Madrasah Se-Kota Medan. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 1-13.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210-219.
Setiawan, Hasrian Rudi. 2021. Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). Medan: Umsupress.
Sijabat, O. P., Gea, E. D., Simarmata, R. J., Situmorang, A. R., Naibaho, T., & Sitepu, S. (2022). MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI DAN NILAI-NILAI MATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 171-182.
Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77-88.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, A., & Sugiarti, R. (2021). Hubungan antara Pemberian Hadiah terhadap Kedisiplinan Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Intervening. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 231-246.
Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal kreatif: jurnal kependidikan Dasar, 7(1).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.
Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278-1287.
Wahyuni, T. (2019). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Waqiah, W., & Dj, M. Z. (2021). Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMKN 4 Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 4(1), 71-84.
Yudiyanti, Y., & Purnasari, P. D. (2021). Upaya Pemberian Penghargaan untuk Mewujudkan Kedisiplinan Guru SD Negeri Wulungsari dalam Mengerjakan Administrasi Kelas. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 43-51.
Copyright (c) 2023 Ananda Anugerah Sukma, Anggit Grahito Wicaksono, Ema Butsi Prihastari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).