PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran interaktif berkenaan hasil belajar siswa kelas VA pada materi pelajaran matematika volume kubus dan balok pada tahun ajaran SD N Kestalan No.05 Surakarta 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental. Desain pretest-posttest satu kelompok. Populasi utama dan sampel penelitian 28 siswa kelas VA. Teknikpengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan rumus K-R untuk uji validitas dengan perhitungankorelasi titik dua serial, dan uji reliabilitas. 20. Mengenai metode analisis data yaitu. menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk dan ujihipotesis dalam penelitian ini dengan uji Paired sample T-test. Berdasarkan analisis data ๐กโ๐๐ก๐ขng sebesar 4,790. Jadi dapat disimpulkan bahwa ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐= 4,790> ๐ก๐ก๐๐๐๐= 2,059, yaitu Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis pengaruh media pembelajaran interaktif adalah untuk tahun ajaran2021/2022 materi volume kubus dan balok kelas VA SDN Kestalan No.05 Surakarta.
References
Amrah, A., Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Arsyad A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322-2329.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Febriani, C. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran ipa kelas V sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1).
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).
Irfan, A. (2012). Perbedaan media audio visual dan bukan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Panggung rejo 04 Kepanjen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).
Jumanto, J., & Prihatsari, E. B. (2018). Pengaruh metode tutor sebaya berbasis video youtube terhadap sikap kemandirian belajar mahasiswa pgsd unisri. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 28-36.
Lawotan, Y. E., Lepang, M. M., & Hero, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kantong Doraemon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas III SDI Belang. Journal on Education, 5(3), 6483-6491.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Sadiman A.S., dkk. 2014. Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Shakila, A., & Tria, F. (2022). Pengelolaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 62/III Mukai Mudik. AS-SABIQUN, 4(2), 432-442.
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130-144.
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di SD negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.
Sumilat, J. M. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 2 Tataaran. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 40-46.
Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209-221.
Susanto, Ahmad. (2019).Teori Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Paramedia Group.
Wati, G. O. W., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Studi Komparasi Media Pembelajaran Gambar dan Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3364-3372.
Wati, G. O. W., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Studi Komparasi Media Pembelajaran Gambar dan Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3364-3372.
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2022). PELATIHAN MICROSOFT WHITEBOARD SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Copyright (c) 2023 Risa Sulistyaningsih, Anggit Grahito Wicaksono, Mukhlis Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).