PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif dasar matematika dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar matematka ekonomi. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dalam ruang lingkup Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampling adalah teknik proportional stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner/angket. Teknik analisis data menggunkan uji asumsi klasih dan analisis hasil. Hasil dari penelitian ini Nilai dasar matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai mata kuliah matematika ekonomi, Pendapatan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai mata kuliah matematika ekonomi.
References
Ani, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Azwar, & Saifuddin. (1996). Tes Prestasi, Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. yogyakarta: pustaka belajar.
Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar.Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55-68.
Hailikari, Katajavuori, & Lindblom-Ylanne. (2008). The Relevance of Prior Knowledge in Learning and Instructional Design. American Journal of. , 9.
Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). MATHEMATICAL LITERACY PROFILE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA: A SCOPING REVIEW. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279-295.
Hardiyanto, H. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA. Journal.Unesa.
Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Isjoni. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Leksana, e. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. jurnal.umpwr
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28.
Sidqi, M. B., & Rahmawati, L. (2019). Pengaruh Nilai Matematika Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE),7(3).
Siregar, N. R (2018). Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Terhadap. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian .
Siregar, N.R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224-232.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Copyright (c) 2023 Yohana Agusrina, Nurul Juwariyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).