PENGEMBANGAN DAN KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARMAGAMA (KARTU MATEMATIKA BERGAMBAR ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JAWA)
Abstract
Matematika materi geometri bangun datar masih menuai beberapa kesulitan bagi peserta didik, kendalanya yaitu jam pelajaran matematika yang kurang serta peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran, selain itu peserta didik masih merasa bingung untuk membedakan bentuk bangun datar serta perhitungan luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat. Oleh karena itu dibutuhkan adanya media belajar untuk membantu proses pembelajaran agar lebih optimal. Media belajar yang dapat digunakan salah satunya yaitu dengan bentuk KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan media KARMAGAMA sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar bagi peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lasem, (2) megetahui kelayakan media KARMAGAMA sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar bagi peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lasem. Peneliian ini menggunakan jenis R&D dengan model pengembangan ADDIE. Model penelitian ini terdiri dari empat tahap yang terdiri dari Analysis, Desain, pengembangan (Development), penerapan (Implementation), evaluasi (Evaluation). Kelayakan media pembelajaran ini didapatkan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media hingga media pembelajaran mendapatkan kategori layak yang selanjutnya media diuji coba kepada 8 siswa (skala kecil) dan 56 siswa (skala besar) di kelas VII SMP Negeri 3 Lasem. Hasil validasi oleh ahli materi dengan skor ; ahli media dengan skor ; hasil respon skala kecil yaitu ; hasil respon skala besar yaitu . Berdasarkan hasil tersebut maka KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa) Materi Bangun Datar masuk dalam kategori “Sangat Layak”.
References
Aisyah (Al-Qur’an dan Terjemah untuk Wanita). Bandung: JABAL, 2010.
Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Mutiara 5 Lembang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2029-2039.
Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Mutiara 5 Lembang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2029-2039.
Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59-69.
Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). MATHEMATICAL LITERACY PROFILE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA: A SCOPING REVIEW. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279-295.
Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 44-58.
Khairina, U. (2017). KOMUNIKASI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA DI BEIJING. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 23(1).
Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 89-108.
Kurnia, Tommy (2019). Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Mebaca, Sains, dan Matematika” 5 Desember 2019.
Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114.
Nancy, Yonanda (2021). Keunikan Rumah Joglo Jawa Tengah: Bagian, Filosofi, dan Jenisnya” 10 Desember.
Oktafianto, K., Kurniawati, E. F., Muzdalifah, L., Arifin, A. Z., Nurfitria, N., Afifah, A., & Awanda, R. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu. Abdimas Universal, 1(2), 24-26.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 759-764.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Silma, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(3).
Sugiyono, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2015).
Sukarjo, M., dkk., (2016). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya (Jakarta: Rajawali Pers).
Umah, Rois Aiunul dan Tian Fitriara Huda (2018). Pergeseran Bentuk dan Fungsi Rumah Joglo di Wilayah Banyuwangi,” FKIP Universitas PGRI Banyuwangi Seminar Nasional: Penidikan Budaya dan Sejarah “Dibalik Revitalisasi Budaya. HAL. 92.
Wijayanto, R., & Sutriyono, S. (2018). Pengembangan Media Flashcard Pada Materi Pythagoras Bagi Siswa Kelas VIII SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 71-76.
Wiwit, R., Jainuri, M., & Riyadi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Mathematics Pada Pembelajaran Matematika. Mat-Edukasia, 6 (2), 37-44.
Copyright (c) 2023 Shela Jazilatul Izah, Nanang Nabhar Fakhri Auliya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).