ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS CERITA DI SDN 111 PEKANBARU

  • Marisa Puspa Hanan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Pekanbaru-Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7060-0226
  • Rahmi Raudhatul Jannah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Pekanbaru-Indonesia
  • Jesi Alexander Alim Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Pekanbaru-Indonesia
Keywords: Analisis, Butir Soal, KPK dan FPB, Matematika

Abstract

Soal Matematika berbasis cerita berperan penting bagi siswa karena menyajikan permasalahan kontekstual yang berkaitan erat dengan kehidupan siswa. Namun, soal matematika berbasis cerita seringkali membuat siswa kesulitan mengerjakannya karena membutuhkan penalaran tingkat tinggi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan butir soal berbasis cerita pada materi KPK dan FPB yang diuji pada siswa kelas V di SDN 111 Pekanbaru berdasarkan aspek validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika berbasis cerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 33 siswa kelas V SDN 111 Pekanbaru. Analisis data menggunakan SPSS Statistics 29. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa soal materi KPK dan FPB berbasis cerita yang diujicobakan kepada siswa kelas V SDN 111 Pekanbaru termasuk dalam kategori validitas yang baik, reliabilitasnya tinggi, tingkat kesukaran yang baik dan memiliki daya pembeda yang baik. Sebagian besar siswa sudah mengerjakan butir soal cerita KPK dan FPB dengan baik, tetapi mereka masih belum terbiasa menyelesaikan soal KPK dan FPB berbasis cerita. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang kebingungan saat menentukan KPK atau FPB pada soal.

References

Amran, Suhendra, Wulansari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika pada masa pandemik covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538

Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi numerasi pada pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7.

Ayuningsih, N. P. M. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Software Blender 3D. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1704–1710. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3185/2674

Fariana, A. N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi FPB & KPK Kelas V SD Negeri. JURNAL Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 1–7.

Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). Mathematical Literacy Profile of Elementary School Students in Indonesia: A Scoping Review. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279–295. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.513

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Insani, N., Riyadi, & Kamsiyati, S. (2021). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas IV Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Didaktika Dwija Indria, 9(6).

Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2).

Komarudin, & Sarkadi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. RizQita Publishing & Printing.

Kurniawati, R. P., Gunawan, I., & Marlina, D. (2020). Mathematic literation abilities based on problem solving abilities in first class 4 of elementary school. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 487, 186–192. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.033

Lestari, A. P., & Nahdataeni, I. (2022). Analysis of Students’ Errors in Solving the Least Common Multiple and Greatest Common Divisor Word Problems. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 11(2), 191–202.

Loka Son, A. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i1.8

Nurhasanah, S. (2019). Statistika Pendidikan: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Salemba Humanika.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Ridwan, M. R., Retnawati, H., Hadi, S., & Jailani, J. (2021). The Effectiveness of Innovative Learning on Mathematical Problem-Solving Ability: A Meta-Analysis. International Journal of Research in Education and Science, 7(3), 910–932. https://doi.org/10.46328/ijres.2287

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28.

Salamah, N. N., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Materi FPB Dan KPK Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kyai Mojo. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i1.3173

Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678–1686.

Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V sekolah dasar. J-PiMat, 2(1), 100–105.

Sintika, U. D., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi FPB Dan KPK Kelas IV SD Negeri Karangtempel. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(4), 494–499.

Sreylak, O., Sampouw, F., Didik Saputro, T. V., & Lumbantobing, W. L. (2022). Mathematics Concept in Elementary School: A Bibliometric Analysis. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 268–278. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.512

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.

Published
2023-03-12
How to Cite
Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS CERITA DI SDN 111 PEKANBARU. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 92-106. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.538

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.