ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS CERITA DI SDN 111 PEKANBARU
Abstract
Soal Matematika berbasis cerita berperan penting bagi siswa karena menyajikan permasalahan kontekstual yang berkaitan erat dengan kehidupan siswa. Namun, soal matematika berbasis cerita seringkali membuat siswa kesulitan mengerjakannya karena membutuhkan penalaran tingkat tinggi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan butir soal berbasis cerita pada materi KPK dan FPB yang diuji pada siswa kelas V di SDN 111 Pekanbaru berdasarkan aspek validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika berbasis cerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 33 siswa kelas V SDN 111 Pekanbaru. Analisis data menggunakan SPSS Statistics 29. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa soal materi KPK dan FPB berbasis cerita yang diujicobakan kepada siswa kelas V SDN 111 Pekanbaru termasuk dalam kategori validitas yang baik, reliabilitasnya tinggi, tingkat kesukaran yang baik dan memiliki daya pembeda yang baik. Sebagian besar siswa sudah mengerjakan butir soal cerita KPK dan FPB dengan baik, tetapi mereka masih belum terbiasa menyelesaikan soal KPK dan FPB berbasis cerita. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang kebingungan saat menentukan KPK atau FPB pada soal.
References
Amran, Suhendra, Wulansari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika pada masa pandemik covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538
Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi numerasi pada pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7.
Ayuningsih, N. P. M. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Software Blender 3D. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1704–1710. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3185/2674
Fariana, A. N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi FPB & KPK Kelas V SD Negeri. JURNAL Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 1–7.
Hapsari, I. P., Saputro, T. V. D., & Sadewo, Y. D. (2022). Mathematical Literacy Profile of Elementary School Students in Indonesia: A Scoping Review. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 279–295. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.513
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Insani, N., Riyadi, & Kamsiyati, S. (2021). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas IV Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Didaktika Dwija Indria, 9(6).
Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2).
Komarudin, & Sarkadi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. RizQita Publishing & Printing.
Kurniawati, R. P., Gunawan, I., & Marlina, D. (2020). Mathematic literation abilities based on problem solving abilities in first class 4 of elementary school. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 487, 186–192. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.033
Lestari, A. P., & Nahdataeni, I. (2022). Analysis of Students’ Errors in Solving the Least Common Multiple and Greatest Common Divisor Word Problems. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 11(2), 191–202.
Loka Son, A. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i1.8
Nurhasanah, S. (2019). Statistika Pendidikan: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Salemba Humanika.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Ridwan, M. R., Retnawati, H., Hadi, S., & Jailani, J. (2021). The Effectiveness of Innovative Learning on Mathematical Problem-Solving Ability: A Meta-Analysis. International Journal of Research in Education and Science, 7(3), 910–932. https://doi.org/10.46328/ijres.2287
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28.
Salamah, N. N., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Materi FPB Dan KPK Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kyai Mojo. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i1.3173
Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678–1686.
Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V sekolah dasar. J-PiMat, 2(1), 100–105.
Sintika, U. D., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi FPB Dan KPK Kelas IV SD Negeri Karangtempel. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(4), 494–499.
Sreylak, O., Sampouw, F., Didik Saputro, T. V., & Lumbantobing, W. L. (2022). Mathematics Concept in Elementary School: A Bibliometric Analysis. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 268–278. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.512
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
Copyright (c) 2023 Marisa Puspa Hanan, Rahmi Raudhatul Jannah, Jesi Alexander Alim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).