PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEEL IPS KELAS V

  • Siti Umi Hamdanah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Elya Umi Hanik Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Numbered Head Together, Spinning Wheel, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan, 2) faktor pendukung dan penghambat, 3) keberhasilan dari penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Spinning Wheel dalam pembelajaran IPS kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). untuk pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru IPS serta siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability serta uji confirmability, serta untuk teknis analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penerapan ini mempunyai beberapa langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaa, dan evalusi. 2) Faktor pendukung, a) Siswa dalam keadaan sehat, b) siswa memperhatikan saat guru, c) siswa memiliki motivasi dalam belajar, d) tenaga pendidik yang sudah baik dalam mengajar, e) keaktifan peserta didik yang sudah baik, f) sarana pembelajaran yang sudah memadai, g) hubungan antar guru yang sudah baik. Dan untuk faktor penghambatnya yaitu, a) kurang adanya kesadaran siswa saat proses pembelajaraan, b) sumber belajar yang kurang. 3) Adanya penerapan pembelajaran tersebut. dapat meningkatkan motivasi siswa, yaitu siswa aktif dalam pembelajaran, senang dalam pembelajaran, lebih paham akan tujuan pembelajaran, lebih tekun dalam belajar, lebih banyak mencari hal-hal yang berhubungan dengan materi, senang akan pujian, siswa suka dengan cara guru dalam mengajar, hasil evaluasi siswa sudah baik.

Hasil penerapan ini mempunyai beberapa langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaa, dan evalusi. 2) Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran ini yaitu, a) kondisi siswa dalam keadaan sehat, b) siswa memperhatikan saat guru menjelaskan materi pembelajaran, c) siswa memiliki motivasi dalam belajar, d) tenaga pendidik yang sudah baik dalam mengajar, e) keaktifan peserta didik yang sudah baik, f) sarana pembelajaran yang sudah memadai, g) hubungan antar guru yang sudah baik. Dan untuk faktor penghambatnya yaitu, a) kurang adanya kesadaran siswa saat proses pembelajaraan, b) sumber belajar yang kurang. 3) Adanya penerapan pembelajaran tersebut. dapat meningkatkan motivasi siswa, yaitu terlihat dari siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, menjadi lebih senang dalam pembelajaran, menjadi lebih paham akan tujuan pembelajaran, menjadi lebih tekun dalam belajar, menjadi lebih banyak mencari hal-hal yang berhubungan dengan materi, menjadi semangat untuk mendapatkan prestasi yang baik, senang akan pujian sehingga lebih termotivasi untuk belajar, nyaman dalam belajar, siswa suka dengan cara guru dalam mengajar dan hasil evaluasi siswa sudah menunjukkan hasil yang baik.

References

Arga , H. S., Rahayu, G. D., Altaftazani, D. H., & Pratama, F. (2019). Sumber Belajar IPS Berbasis Lingkungan . Sumedang: Sumedang Press.

Astawa, I. B. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Faturrohman , M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan . Maguwoharjo: Ar-Ruzz.

Febriyanti, D., Sjaifuddin, & Biru, L. T. (2022). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur-Banten. Pendipa Jornal Of Science Education Vol. 6, No. 1, 219.

Gea, A. F., Sadewo, J. D., Hasanah, U., Prasetyawan, E., Saputro, T. V. D., Rahmawati, S., ... & Suprapti, S. (2023). Application of Gamification with" SIKMA" to Increase Motivation and Learning Independence Attitudes. Asian Journal of Community Services, 2(1), 145-152.

Hamzah. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran Panduan Lengkap Bagi Guru Profesional. Semarang: CV Pilar Nusantara .

Hanik, E. U., Arumdiyah, I. A., Hilmiyah, A., & Wijayanti, D. A. (2022). Strategi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Dengan Media Video di Kelas 3 MI NU Matholiul Falah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yasin:Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya Vol. 2, No. 1, 46.

Hasan, M., Hasanah, B. A., & Patriyani, R. E. (2021 ). Pengembangan Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Huda , N. F. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu . Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 4. No 2 , 165.

Huda , N. F. (2020). Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu . Studi Arab Vol. 11, No. 2, 93.

Juliana. (2020). Pengaruh Media Spinning Wheel Image Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Batu Kabupaten Barru. Makassar: Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar , 25.

Julita, J., & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfataan Teknologi sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227-239.

Kaharudin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Variatif. Gowa: Pustaka Almaida.

Lestari , E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar . Sleman: Deepublish.

Lubis, N. A. (2019). Pendidikan IPS Dalam Kurikulum 2013 . osf.io, 3-5.

Mandagi, M., Najoan, R. A., & Kurniawati, N. K. (2020). Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi . Sleman : CV Budi Utama.

Marwiyah , S., Alauddin, & BK, M. K. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Sleman : Deepublish.

Mawardi , & Handayani, S. (2019). Faktor-Faktor Penunjang Kemampuan Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Lae Langge Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10 (2), 109.

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03 (2), 209.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran . Yogyakarta : CV Budi Utama.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu Vol. 5, No 3, 1192.

Prabowo, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Atletik Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 1 Grabag Tahun 2019. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 21.

Pratiwi, H., & Rusiadi. (2021). Penerapan Metode Keteladanan Oleh Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MIS At-Taqwa Sambas. Cross-Border Vol. 4, No. 2, 191.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.

Sadijan . (2018). Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Edisi Mei 2018 . Surakarta: Forum Komunitas Guru Pengawas Surakarta.

Sadijan . (2019). Jurnal Dwija Utama: Edisi 42 Volume 10 Februari 2019. Surakarta: Forum Komunikasi Guru Pengawas Surakarta.

Siska , Y. (2016). Pembelajaran IPS di SD/MI . Yogyakarta : Garudhawaca.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI . Yogyakarta : Garudhawaca.

Subakti , H. (2020). Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheel Kelas V SDN 007 Ulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol, 2. No. 2, 194.

Sumarni, M. L. (2022). PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN 9 RANGKANG. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 4(1), 43-50.

Sumarni, M. L., Silvester, S., & Sadewo, Y. D. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Sebatik, 26(1), 48-53.

Sunarsih , D., & Yulianti, N. (2021). Pengembangan Pembelajaran Materi Berbasis Active Learning. Klaten: Lakeisha.

Susanto, A. (2016). Pengembangan IPS di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana .

Suyyinah . (2019). Full Day Education Konsep dan Implementasi. Malang: Literasi Nusantara.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa . Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2), 104-105.

Telambuana , Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa Vol. 14, No. 4, 721.

Ulya, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4D Pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang , 34.

Umar . (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif. Yogyakarta : Deepublish.

Wasono, B. S. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Bogor : Guepedia.

Widodo, H. (2019). Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah . Yogyakarta : UAD Press.

Zafi, A. A., Ahsani, E. L., & Hanik, E. U. (2021). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Babu Salam Blingoh Donorojo Jepara . Al-Idaroh:Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam , 239.

Published
2023-03-12
How to Cite
Hamdanah, S. U., & Hanik, E. U. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEEL IPS KELAS V. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 45-91. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.531

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.