STUDI LITERATUR: PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA PADA PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MIPA
DOI:
https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.493Keywords:
Laboratorium maya, portal rumah belajar, praktikum daringAbstract
Laboratorium maya pada portal Rumah Belajar menyediakan berbagai alternatif praktikum secara daring untuk mengatasi berbagai keterbatasan praktikum pada laboratorium nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan laboratorium maya sebagai alternatif pembelajaran praktikum secara daring. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan pada jurnal dan prosiding berbahasa Indonesia. Fokus kajian pada penelitian adalah mata pelajaran dan tujuan pemanfaatan laboratorium maya untuk praktikum secara daring, serta kelebihan dan kekurangan laboratorium maya dalam kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil kajian ditemukan ada enam artikel yang relevan pada empat mata pelajaran jenjang SMP atau SMA, dengan beberapa tujuan dan metode penelitian. Hasil kajian juga menunjukkan adanya kelebihan dan kekurangan pada pemanfaatan laboratorium maya untuk kegiatan praktikum secara daring.
References
Aprilianto, D., Hanifah, U., Indriyana, O., & Ratri, M. K. (2021). Rumah Belajar dan Penggunaannya dalam Memperbaiki Kualitas Pendidikan Peserta Didik. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), 1453-1459. Retrieved from https://ahlimedia.com/jurnal/index.php/jira/article/view/233
Ardius, A. (2020). Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantangan. Jurnal TEKNODIK, 24(2), 147-160. Retrieved from https://118.98.227.127/index.php/jurnalteknodik/article/view/679
Barokah, M. A., Rahmawati, L. E., & Markhamah. (2020). Variasi Tugas dan Aktivitas Pembelajaran dalam Masa Pandemi Korona di SMK. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(2), 82-87. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/14118
Daniah. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 144-153. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/7178
Hartono. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Bagi Siswa SMK Immanuel. PUBARAMA: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 28-32. Retrieved from http://www.jurnalpkmibbi.org/index.php/Pubarama/article/view/36
Irdalisa, Amirullah, G., Yarza, H. N., Fuadi, T. M., & Elvianasti, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA. S U R Y A A B D I M A S, 5(4), 427-433. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1352
Martiningsih, R. R. (2020). Pemanfaatan Laboratorium Maya Versi Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sudut. Jurnal TEKNODIK, 24(1), 61-72. doi:https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.414
Noviana, E., Rianda, P. N., Zulkhilmi, M. H., Nadia, N. S., Hykmah, U., Bintan, T. A., & W, V. N. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Laboratorium Maya sebagai Solusi Praktikum Pembelajaran Sains pada Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL IMPLEMENTASI, 1(2), 177-184. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/64
Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810
Qusthalani. (2019). OMMEN Sebagai Solusi Pembelajaran Fisika Daerah 3T untuk Pendidikan 4.0 dan Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Jurnal TEKNODIK, 23(2), 111-122. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/503
Qusthalani, Q., & Murhati, M. (2019). Analisis Pembelajaran Materi Hukum Newton Melalui Model Flicla Proling Berbasis Portal Rumah Belajar Terintegrasi SI ASSEB. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 3(2), 130-154. Retrieved from http://202.4.186.66/JIPI/article/view/14577
Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran Kompetensi Keterampilan Kimia pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JURNAL GURU INDONESIA, 1(1), 1-7. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/jgi/article/view/625
Rohimat, S. (2022). Experiment-based Learning in The Topic of Natural Acid-Base IndicatorsDuring a Limited Face-to-face Learning Process. Indonesian Journal ofMathematics and Natursal Science Education, 3(1), 42-51. Retrieved from https://mass.iain-jember.ac.id/index.php/mass/article/view/86/51
Rumah Belajar Kemdikbud. 2020, 14 September. Kuliah Umum Pembatik Level 4: Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar [Video]. Youtube. Retrieved from https://www.youtube.com/results?search_query=Kuliah+Umum+Pembatik+Level+4%3A+Berbagi+secara+virtual+2020
Saprudin, Rahman, N. A., Amiroh, D., & Hamid, F. (2021). Studi Literatur: Analisis Penggunaan e-Book dalam Pembelajaran Fisika. TITIAN ILMU: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 20-26. Retrieved from http://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/1144
Silvester, S., Sadewo, Y. D., & Sumarni, M. L. (2022, January). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 947-955).
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learningand Innovation, 2(1), 42-72. Retrieved from https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/elia/article/view/383/163
Supriyatni. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Portal Rumah Belajar untuk Siswa SD. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(8), 1322-1330. Retrieved from https://ahlimedia.com/jurnal/index.php/jira/article/view/218
Susanti, D. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Maya Versi Android untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Jaringan Tumbuhan. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 169-181. Retrieved from https://118.98.227.127/index.php/jurnalteknodik/article/view/777
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.
Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian Literatur: Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93-102. Retrieved from https://jope.ejournal.unri.ac.id/index.php/jope/article/view/7905
Widanarti. (2022). Tantangan Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Adaptasi Pandemi Covid-19. Journal of Educational Learningand Innovation, 1(2), 09-25. Retrieved from https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/elia/article/view/303/166
Wilasari, F., & Budiyanto, M. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar Laboratorium Maya untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Hukum Archimedes di Masa Pandemi. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9(3), 356-362. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41083
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).