PEMANFATAAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pemanfaatan teknologi menjadi media pembelajaran dan penemuan pendidikan era digital diberbagia aspek. Melalui kajian penelusuran litetarur yang relevan untuk menjawab penelitian yang hendak diteliti. Hasil kajian menunjukkan saat ini kita memesuki era revolusi generasi 4.0 atau lebih dikenal dengan Era Digital. Kekhasan dari generasi ini adalah meningkatkan penggunaan teknologi sebagai penganti tenaga manusia. Dunia pendidikan tentunya akan mempunyai tantangan tersendiri dalam menyikapi perubahan yang signifikan ini. Oleh sebab itu, diperlukan reformulasi proses dari pembelajaran yang baik di sekolah maupun di luar sekolah.
References
A, M. D., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & W, V. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa di SMK NU Rogojampi. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMKA, Vol. 2(No. 2), 96-100.
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesia journal of history education, 3(1), 40-45.
Amanullah, M. A. (2019). Perkembangan Media Pembelajaran Filipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dinamis Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 38-44.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. semarang:Fatawa Publishing.
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.
Effend, D., & Achmad Wahidy. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaan Menuju Pembelajaran abad 21. Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125-129.
El, B. M. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, vol 3 (no 1 ), 2622-1942.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta Edisi : 56, 1-11.
Fenny rahmatina Rahim, Dea Stevani Suherman, & Murtiani. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL EKASTA PENDIDIKAN (JEP), Vol 3 (No 2), 134-141.
Hidayat, N., & Husnul Khotimah. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR, Vol,02(N0, 01), Hal 10-15.
Hidayat, N., & Khotimal, H. (2019). pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR, vol, 02(no,01), Hal 10-15.
Leni, R. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA, Vol. 6(No1), 144-136.
Nunuk, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT1. PORSIDING WORKHSOP NASIONAL, 12.
Purba, M. A., & Agus Defriyado. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (no 3), 96-101.
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran. Bitnet: Jurnal pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10.
Risdianto Eko, M. ( 2019 ). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 .
Rogantina Meri Andri, S. M. (2017). Peran Dan Fungsibteknologi Dalam Peningkatan Kualitas Belajar. JURNAL ILMIAH RESEARCH SAINS, Vol.3 (NO. 1), 122-129.
Surani, D. (2019). Studi Literatur Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendididkan FKIP, Vol.2(No.1), Hal 456-469.
Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 65-86.
Widiastuti, N. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Media Pembelajaran Sebagai Sebuah Inovasi Dalam Dunia Pendidikan. in seminar Nasional Fakultas Seni Pertunjukan, 119-124.
Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. JURNAL ILMIAH FORISTEK, Vol. 2, ( No. 1,), 143-152.
Copyright (c) 2022 Julita, Pebria Dheni Purnasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).