PENGARUH POWER DISTANCE, HUBUNGAN PRIBADI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP WORK ENGAGEMENT GURU

  • Donald Samuel Slamet Santosa Universitas Pelita Harapan, Jakarta Selatan-Indonesia
  • Sinta Wijayanti Universitas Kristen Maranatha, Bandung Jawa Barat-Indonesia
  • Nancy Riana Siregar Universitas Kristen Maranatha, Bandung Jawa Barat-Indonesia
Keywords: Engagement, Power Distance, Hubungan, Supervisi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran Kepala Sekolah dalam membangun Work Engangement Guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang meneliti 3 variabel independen, yaitu power distance, hubungan pribadi, dan supervisi terhadap variabel dependen, yaitu work engagement guru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket terhadap kepala sekolah dan guru pada 30 SD di Jawa Tengah. Angket diuji validitasnya dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitasnya diuji dengan teknik Alpha Cronbach. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work engagement guru SD di Jawa Tengah relatif buruk (dengan skor 2,2 dalam skala 5). Selain itu, terdapat pengaruh semua variabel independen terhadap variabel dependen. Meski demikian, variabel yang paling berpengaruh terhadap work engagement guru adalah hubungan pribadi antara kepala sekolah dengan guru.

References

Aditya, G. A., & Adiputra, I. N. (2015). Perbedaan skor work engagement pada guru yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi di smp negeri se-Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic), 2503-1716.

Arnold B. Bakker, Wilmar B. Schaufeli, Michael P. Leiter & Toon W. Taris (2008) Work engagement: An emerging concept in occupational health psychology, Work & Stress: An International Journal of Work, Health & Organisations, 22:3, hh. 187-200.

Hofstede, G. 1997. Cultures and Organizations, Software of the Mind. Intercultural Cooperation and its Importance for Survival. McGraw Hill.

Jung, M. H., Park, S. J., Koshiba, T., Tamura, T., & Shin, J. S. (2007). Improvement of comfortability and ability on nonwoven fabric for disposable work clothing using yellow soil printing. The Research Journal of the Costume Culture, 15(2), 276-283.

Man, Grace Susilowati, and Cholichul Hadi. "Hubungan antara perceived organizational support dengan work engagement pada guru SMA swasta di Surabaya." Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi 2.2 (2013): 90-99.

Mas, S. R. (2013). Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 212-219.

Mas, S. R. (2013). Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 212-219.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.

Published
2022-03-05
How to Cite
Samuel Slamet Santosa, D., Wijayanti, S., & Riana Siregar, N. (2022). PENGARUH POWER DISTANCE, HUBUNGAN PRIBADI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP WORK ENGAGEMENT GURU. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 01-08. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.388

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.