PENGARUH POWER DISTANCE, HUBUNGAN PRIBADI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP WORK ENGAGEMENT GURU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran Kepala Sekolah dalam membangun Work Engangement Guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang meneliti 3 variabel independen, yaitu power distance, hubungan pribadi, dan supervisi terhadap variabel dependen, yaitu work engagement guru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket terhadap kepala sekolah dan guru pada 30 SD di Jawa Tengah. Angket diuji validitasnya dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitasnya diuji dengan teknik Alpha Cronbach. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work engagement guru SD di Jawa Tengah relatif buruk (dengan skor 2,2 dalam skala 5). Selain itu, terdapat pengaruh semua variabel independen terhadap variabel dependen. Meski demikian, variabel yang paling berpengaruh terhadap work engagement guru adalah hubungan pribadi antara kepala sekolah dengan guru.
References
Aditya, G. A., & Adiputra, I. N. (2015). Perbedaan skor work engagement pada guru yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi di smp negeri se-Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic), 2503-1716.
Arnold B. Bakker, Wilmar B. Schaufeli, Michael P. Leiter & Toon W. Taris (2008) Work engagement: An emerging concept in occupational health psychology, Work & Stress: An International Journal of Work, Health & Organisations, 22:3, hh. 187-200.
Hofstede, G. 1997. Cultures and Organizations, Software of the Mind. Intercultural Cooperation and its Importance for Survival. McGraw Hill.
Jung, M. H., Park, S. J., Koshiba, T., Tamura, T., & Shin, J. S. (2007). Improvement of comfortability and ability on nonwoven fabric for disposable work clothing using yellow soil printing. The Research Journal of the Costume Culture, 15(2), 276-283.
Man, Grace Susilowati, and Cholichul Hadi. "Hubungan antara perceived organizational support dengan work engagement pada guru SMA swasta di Surabaya." Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi 2.2 (2013): 90-99.
Mas, S. R. (2013). Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 212-219.
Mas, S. R. (2013). Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 212-219.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597.
Copyright (c) 2022 Donald Samuel Slamet Santosa, Sinta Wijayanti, Nancy Riana Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).