PENERAPAN ICE BREAKING PADA PROSES BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUGIHAN 03

  • Dwi Zakiyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Sukoharjo-Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9877-6725
  • Meidawati Suswandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Sukoharjo-Indonesia
  • Nur Khayati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka Sukoharjo, Sukoharjo-Indonesia
Keywords: ice breaking, motivasi belajar, Proses Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ice breaking pada proses belajar guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Narasumber dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan belajar yang sebelumnya tidak menerapkan ice breaking membuat pembelajaran sangat membosankan dan jenuh sehingga siswa tidak bersemangat dalam belajar. Namun, ketika sudah menerapkan ice breaking pada kegiatan pembelajaran siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar serta suasana belajar menjadi menyenangkan. Sehingga ice breaking dianggap sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Asfuri, A. 2020. Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Pscychology. Vol. 02, No. 01.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Farwati, D. Z., Rahmah, M., & Sutisna, E. 2018. The application of Ice Breaking activities in teaching english to junior high school students. JETLi| Journal of English Language Teaching and Linguistics Studies. Vol. 01, No. 01.

Hamzah, B.U. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Heni, P.P., & Mohammad, A.R. 2019. Keefektifan Ice Breaking Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. Vol. 06, No. 02.

Ilyas, I. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal Of Nonformal Education. Vol. 02, No. 01.

Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking. Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-29.

Miles, Matthew B., & Michael, Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.

Ekawati, M. (2019). Teori belajar menurut aliran psikologi kognitif serta implikasinya dalam proses belajar dan pembelajaran. E-TECH: jurnal ilmiah teknologi pendidikan, 7(2).

Mudjiono, & Damyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin, Syah. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nasution. 2010. Didaktik Asas- Asas Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Jakarta.

Nuryana, N., & Sunardin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80-86.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 40 (2) tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6#:~:text=(1)%20Pendidikan%20diselenggarakan%20secara%20demokratis,dengan%20sistem%20terbuka%20dan%20multimakna.

Rahmi, R. (2018). Korelasi Kegiatan Ice Breaking dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 151-160.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 522-527.

Said M. 2010. 80+ Ice Breaker Games: Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogyakarta: Andi Offset.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sunarto. 2012. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.

Suryati. 2015. Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Taneja V. R. (2005). Socio-Philosophical Approach to Education. New Delhi: Atlantic Publisher.

Yonny, Acep. 2012. Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa, Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Zoga, M. D., Ferry, A., & Ayatullah, M.A.F. 2019. Motivasi Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Ice Breaking Di SDN 1 Pringkuku. Repository STKIP PGRI Pacitan.

Published
2022-03-05
How to Cite
Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). PENERAPAN ICE BREAKING PADA PROSES BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUGIHAN 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73-85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.