PENERAPAN ICE BREAKING PADA PROSES BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUGIHAN 03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ice breaking pada proses belajar guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Narasumber dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan belajar yang sebelumnya tidak menerapkan ice breaking membuat pembelajaran sangat membosankan dan jenuh sehingga siswa tidak bersemangat dalam belajar. Namun, ketika sudah menerapkan ice breaking pada kegiatan pembelajaran siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar serta suasana belajar menjadi menyenangkan. Sehingga ice breaking dianggap sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Asfuri, A. 2020. Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Pscychology. Vol. 02, No. 01.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Farwati, D. Z., Rahmah, M., & Sutisna, E. 2018. The application of Ice Breaking activities in teaching english to junior high school students. JETLi| Journal of English Language Teaching and Linguistics Studies. Vol. 01, No. 01.
Hamzah, B.U. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Heni, P.P., & Mohammad, A.R. 2019. Keefektifan Ice Breaking Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. Vol. 06, No. 02.
Ilyas, I. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal Of Nonformal Education. Vol. 02, No. 01.
Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking. Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-29.
Miles, Matthew B., & Michael, Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.
Ekawati, M. (2019). Teori belajar menurut aliran psikologi kognitif serta implikasinya dalam proses belajar dan pembelajaran. E-TECH: jurnal ilmiah teknologi pendidikan, 7(2).
Mudjiono, & Damyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin, Syah. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nasution. 2010. Didaktik Asas- Asas Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Jakarta.
Nuryana, N., & Sunardin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80-86.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.
Republik Indonesia. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 40 (2) tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6#:~:text=(1)%20Pendidikan%20diselenggarakan%20secara%20demokratis,dengan%20sistem%20terbuka%20dan%20multimakna.
Rahmi, R. (2018). Korelasi Kegiatan Ice Breaking dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 151-160.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang). Sebatik, 23(2), 522-527.
Said M. 2010. 80+ Ice Breaker Games: Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogyakarta: Andi Offset.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sunarto. 2012. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.
Suryati. 2015. Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Taneja V. R. (2005). Socio-Philosophical Approach to Education. New Delhi: Atlantic Publisher.
Yonny, Acep. 2012. Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa, Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.
Zoga, M. D., Ferry, A., & Ayatullah, M.A.F. 2019. Motivasi Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Ice Breaking Di SDN 1 Pringkuku. Repository STKIP PGRI Pacitan.
Copyright (c) 2022 Dwi Zakiyyah, Meidawati Suswandari, Nur Khayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Authors who publish with Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).