Kepuasan Pelanggan dan Inovasi pada Coffee Shop di Jakarta

Penulis

  • Hilmi Akbar Hibbani Universitas Trisakti
  • Sri Vandayuli Riorini Universitas Trisakti
  • Zhavira Kahfi Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.46229/bee.v6i2.961

Kata Kunci:

Customer Orientation, Customer Relationship Orientation, Firm Innovativeness, Business Growth, Customer Satisfaction

Abstrak

Penelitian ini mengkaji hubungan antara Orientasi Pelanggan (Customer Orientation), Orientasi Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Orientation), Inovasi Perusahaan (Firm Innovativeness), dan Pertumbuhan Bisnis (Business Growth) pada lima kedai kopi populer di Jakarta. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 120 pelanggan tetap dari Toko Kopi Tuku, Kopi Soe, Kopi Nako, Kopi Lima Detik, dan Kopi Nalar dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Pendekatan kuantitatif diterapkan, didukung oleh analisis statistik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Orientasi Pelanggan dan Orientasi Hubungan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Perusahaan, yang kemudian berdampak positif terhadap Pertumbuhan Bisnis. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa inovasi yang dikelola dengan baik berperan sebagai katalisator untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Hubungan pelanggan yang kuat dan fokus pada kebutuhan pelanggan juga memainkan peran penting dalam mendorong inovasi. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi manajer kedai kopi untuk meningkatkan daya saing dengan mengadopsi strategi yang berfokus pada pelanggan dan didorong oleh inovasi. Penelitian ini mematuhi prinsip etika, termasuk persetujuan peserta dan anonimitas data. Validitas dan reliabilitas data diuji menggunakan perangkat lunak SPSS, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan perangkat lunak Amos.

Referensi

Aurelia, F., & Nawawi, M. T. (2021). Pengaruh Customer Satisfaction, Perceived Value, dan Trust Terhadap Online Repurchase Intention Pada Fashion di Instagram di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 117. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11296

Fernos, J., & Gietricen, G. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Mobile Banking pada Bank Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Pundi, 3(2), 137. https://doi.org/10.31575/jp.v3i2.157

Fida, B. A., Ahmed, U., Al-Balushi, Y., & Singh, D. (2020). Impact of Service Quality on Customer Loyalty and Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020919517

Hanifa, R., Trianto, A., & Hendrich, M. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Layanan Go-Ride Pada Bisnis Jasa Tranportasi Go-Jek di Kota Palembang. MOTIVASI Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4, 714–722. http://jurnal.um-palembang.ac.id/motivasi

Hadi, N., & Tarwan, O. (2019). Pengaruh Empathy, Tangible, Responsiveness, Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Pemerintahan Desa. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4902

Hidayanti, A. T., & Handayani, J. (2019). Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Presma Pada PD Bank Perkreditan Rakyat Blora (Studi Kasus Pada PD Bank Perkreditan Rakyat Blora). Keunis, 7(2), 40. https://doi.org/10.32497/keunis.v7i2.1584

International Telecommunication Union [ITU]. (2018a). ITU Regional ICT Indicators Workshop for Africa On “Fixed-broadband, mobile- broadband and traffic indicators”. Retrieved from https://www.itu.int/en/ITU-D/Regional-Presence/Africa/Documents/ICT%20Indicators%20Training%202018/Session%208.%20Fixed-broadband,%20mobile-broadband%20and%20bundles%20and%20more.pdf

Kuc, B.R. (2021). The role of R-logistics in customer satisfaction improvement in Vietnam’s retail industry. Himalayan Journal of Humanities and Cultural Studies, Vol. 2, No. 6, pp.14–22.

Lusiana, L., Pasda, S., Mustari, M., Ahmad, M. I. S., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen GrabBike. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 34. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14307

Mohd. Farid Tiza, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Studi kasus pada perusahaan JNE Cabang Padang. INA-Rxiv, 1–8.

On, P.V. (2021). Factors impacting customer satisfaction at Vietcombank in Vietnam. Himalayan Journal of Economics and Management, Vol. 2, No. 4, pp.98–107.

Ookla. (2024a). Median Country Speeds May 2024. Speedtest Global Index. Retrieved from https://www.speedtest.net/global-index

Ookla. (2024b). Indonesia Median Country Speeds May 2024. Speedtest Global Index. Retrieved from https://www.speedtest.net/global-index/indonesia#fixed

Ramadhan, F., & Setyono, H. (2020). Kualitas Pelayanan Sebagai Determinan Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Grab Bike Di Yogyakarta. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(2), 191. https://doi.org/10.12928/fokus.v9i2.1559

Samaraweera, U. S., & Rathnasiri, R. A. (2020). Impact of Service Quality Dimension on Customer Satisfaction of Domestic Electricity Consumers in Sri Lanka. Wayamba Journal of Management, 11(1), 79. https://doi.org/10.4038/wjm.v11i1.7493

Sayekti, F., Tarigan, B., Endang Wijayanti, L., & Utami, R. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemakai Layanan Jasa. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 9(1), 16–27.

Solichin, M., Rasyidi, & Halimatusa’diah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness) Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Kalteng Cabang Muara Teweh. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 8(2), 38–47.

Srikanjanarak, S., Omar, A., & Ramayah, T. (2021). Value added service and service quality from the customer’s perspective: An empirical investigation in Thai telecommunication industry. ASEAN Marketing Journal.

Verarika, C. (2023). The Effect of Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Image on Customer Satisfaction at PT. Central Asia Bank (BCA) in Surabaya. Journal of Economic, Business and Accounting, 6, 1982-1990.

Zinedine, J., Claudia, R., & Remiasa, M. (2023). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Dampaknya Pada Reuse Intention Bus Pariwisata Di Kota Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 21(2), 116–133. https://doi.org/10.32524/jkb.v21i2.948

Yosefa Sufiana, H., & Beni, S. (2020). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA CREDIT UNION BONAVENTURA TEMPAT PELAYANAN LEDO. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i1.131

Beni, S., Manggu, B., & Sensusiana. (2018). MODAL SOSIAL SEBAGAI SUATU ASPEK DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. JURKAMI, 3(1), https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.155

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-06

Cara Mengutip

Hilmi Akbar Hibbani, Riorini, S. V. ., & Kahfi, . Z. . (2025). Kepuasan Pelanggan dan Inovasi pada Coffee Shop di Jakarta. Business, Economics Dan Entrepreneurship, 6(2), 184–195. https://doi.org/10.46229/bee.v6i2.961

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.