PENGARUH INTERFACE QUALITY, APPLICATION INCENTIVES, SECURITY PRIVACY TERHADAP FLOW EXPERIENCE DAN PURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN MARKETPLAC

Penulis

  • Hendrik Aprianto Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.46229/bee.v6i2.913

Kata Kunci:

Kata Kunci : Interface Quality; Aplication Insentive; Security Privacy; Flow Experince; dan Purchase Intention

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalis peran Interface Quality, Aplication Insentiv, Security Privacy, Terdadap Flow experince dan Purchase Intention terhadap penyedia platfoam aplikasi marketplace. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah 240 responden. Unit dalam penelitian ini ialah konsumen yang mempergunakan aplikasi marketplace online sebagai belanja mereka. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Purposive Sampling data dianalisis pengujian menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) – Partial Least Square (PLS). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data primer, yaitu dari karakteristik responden secara langsung melalui Google Form yang disebar secara online dengan media sosial . Jenis data berdasarkan priode waktunya yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cross Sectional
Hasil penelitian ini adalah : (1) Interface Quality berpengaruh terhadap Flow experience. (2) Aplicatoin Insentive tidak berpengaruh terhadap flow experience. (3) Security Privacy berpengaruh terhadap flow experience. (4) Interface Quality berpengaruh terhadap Purchase Intention. (5) Aplication Insentive tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention. (6) Security privacy berpengaruh terhadap Purchase Intention. (7) Flow experience berpengaruh terhadap Purchase Intention. (8) Interface Quality terhadap Purchase Intention. (9) Flow experience tidak memediasi hubungan antara Aplication Incentive terhadap Purchase Intention. (10) Flow experience (FE) tidak memediasi hubungan antara Security Privacy (SP) terhadap Purchase Intention (PI). Implikasi manajerial kualitas antarmuka yang baik dapat meningkatkan pengalaman pengguna inventasikan untuk memahami kebutuhan, preferensi dan perilaku pengguna, mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda dan tawaran insentif yang relevan bagi masing masing segmen, kebijakan privasi dan beri pemahaman bagaimana informasi tentang data mereka gunakan, patuhi peraturan privasi data. performa teknologi pastikan aplikasi memuat halaman lebih cepat, aplikasi responsiif, menarik minat beli strategi pemasaran yang efektif lakukan pemasaran yang target pada segmen pengguna pastikan pembelian mereka yang berkelanjutan.

Kata Kunci : Interface Quality; Aplication Insentive; Security Privacy; Flow Experince; dan Purchase Intention

Referensi

Adrianto, F. A., Yuliana, O. Y., & Jaolis, F. (2023). Shoppers’ loyalty in online marketplace: The impact of interface quality, application incentives, and security/privacy through flow experience. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 16(1), 45–62. https://doi.org/10.25105/jmpj.v16i1.15530

Aryudi, Y. B. (2021). Analisis Pengaruh Perceived Value, Promosi Penjualan dan Influencer Marketing terhadap Minat Pembelian (Studi Pada Pengguna Aplikasi Video Game Gratis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(April), 49–58.

Dina Nabillah, & Adelina Lubis. (2023). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion terhadap Purchase Intention pengguna Shopee pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 56–65. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1292

Ellyawati, J., & Piwi, A. P. (2022). Anteseden Niat Beli Ulang Belanja Online: Uji E-kepuasan Sebagai Mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(1), 109–129. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis

Fermayani, R., Harahap, R. R., & Rahmat, R. (2022). Analisis Pengaruh Privasi, Keamanan, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online Di Lazada. Menara Ekonomi, VIII(1), 66–78.

Gigieh Giri Putra Prianika, & Eka Bertuah. (2023). The Effect of Rating, Online Consumer Review and Sales Promotion on Purchase Intention on the Gofood Application. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(3), 565–590. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i3.3477

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Social Media Campaign dan Online Promotion Terhadap Purchase Intention Pada Gojek Indonesia di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/viewFile/10471/9329

Hidayah, R. T., & Akmal, M. F. D. (2023). the Influence of Social Media Marketing Activities on the Purchase Intention of Samsung Z Flip Smartphones. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(2), 1136–1152. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3096

Iskhaq, M. S. S., & Iriani, S. S. (2023). Pengaruh Advertising Value dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Pada Produk OPPO Reno8 T Series. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 433–442. https://doi.org/10.5281/zenodo.8314317

Kurnia, I., Salim, M., Anggrawati, S., Widanti, A., & Hayadi, I. (2019). Pengaruh Enjoyment, Flow Experience, Trust Terhadap Intention To Play Pada Game Playerunknown’S Battlegrounds (Pubg) Mobile Di Bengkulu. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 24(3), 251–261. https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i3.2173

Mufidah Nafaturrahmah, & Budi Astuti. (2023). Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Niat Beli Konsumen Pada Online Flash Sale Di Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 20(1), 344–356. https://doi.org/10.20885/jabis.vol20.iss1.art4

Nurhalim, A. D. (2021). Analisis Pergeseran Perilaku Konsumen Dalam Niat Beli Di Sektor Otomotif E-Commerce Indonesia. Jurnal Bina Manajemen, 9(2), 113–125. https://doi.org/10.52859/jbm.v9i2.158

Pujiyanto, G. P. (n.d.). Analisis Pengaruh Privasi, Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Bertransaksi Online (Studi pada Pelanggan Bukalapak.com di Yogyakarta). 1–22.

Rachmawati Harum, J., Kusumawati, A., & Kholid Mawardi, M. (2021). Pengaruh Permission Email Marketing Terhadap Purchase Intention Dan Dampaknya Pada Purchase Decision (Survei Pada Customer Lazada Indonesia). Profit, 15(01), 8–11. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.2

Rahayu, P., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Online Advertising Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Flow Experience Dan Advertising Value Pada Produk Smartphone VIVO. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(3), 455–468. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Sanjaya, N. E., & Ayuni, R. F. (n.d.). Pengaruh Harga, Promosi Dan Social Influence Terhadap Minat Beli Pada Usaha Rumah Hok.

Sanjaya, V. F., & Faiyah, L. I. (2022). Pengaruh Flow Experience dan moderasi promosi selama masa pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 314–326. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.232

Saradissa, C. N. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Dan Ilmu Manajemen, 4(11), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3162

Suryani, S., & Koranti, K. (2022). Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Sikap Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis,27(2), 183–198. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5189

Tukino, Nurastuti, P., Hartati, N., Yuningsih, N., & Sudharsono, M. (2021). Kualitas Antarmuka Terhadap Minat Beli: Dimediasi Kepercayaan Konsumen pada Aplikasi Belanja Online. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(02), 179–190. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v2i02.203

Udayana, I., Cahyani, P. D., & Chotimah, D. N. (2018). Pengaruh Perceived Security Dan Information Quality Terhadap Online Purchase Intention Melalui Trust (Study Kasus Pada Konsumen Sorabel di Yogyakarta). Journal Competency of Business, 2(1), 53–68. https://doi.org/10.47200/jcob.v2i1.659

Wasito, R. P., Milwarni, Anwar, & Laily, A. (2023). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service Bengkel Motor Leni Di Tanjung Balai Karimun Rochmad. Jurnal Manajemen Riset Dan Teknologi Universitas Karimun (JURNAL MARITIM), 4(2), 158–166.

Wijaya, R., & Indriyanti, I. (2022). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pelanggan Super Indo di Kota Bekasi. E-Jurnal Manajemen Tsm, 2(1), 87–98. http://jurnaltsm.id/index.php/EJMTSM

Yutadi, K. P. (n.d.). Pengaruh Persepsi Privasi, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-commerce. 1–25.

Yosefa Sufiana, H., & Beni, S. (2020). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA CREDIT UNION BONAVENTURA TEMPAT PELAYANAN LEDO. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i1.131

Beni, S., Manggu, B., & Sensusiana. (2018). MODAL SOSIAL SEBAGAI SUATU ASPEK DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. JURKAMI, 3(1), https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.155

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-06

Cara Mengutip

Aprianto, H. . (2025). PENGARUH INTERFACE QUALITY, APPLICATION INCENTIVES, SECURITY PRIVACY TERHADAP FLOW EXPERIENCE DAN PURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN MARKETPLAC. Business, Economics Dan Entrepreneurship, 6(2), 153–167. https://doi.org/10.46229/bee.v6i2.913

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.