PERAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA STIM SHANTI BHUANA

  • Yosua Damas Sadewo Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Pebria Dheni Purnasari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
Keywords: self efficacy, kemampuan berwirausaha, program pendidikan kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self efficacy terhadap kemampuan berwirausaha mahasiswa STIM Shanti Bhuana pada Program Studi Kewirausahaan, sehingga hasil penelitian ini dapat munjukkan salah satu faktor yang turut berperan dalam kemampuan berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran atau mix method. Adapun penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana angkatan 2017 yang berjumlah 26 mahasiswa. Teknik tes digunakan untuk mengambil data kemampuan berwirausaha pada Program Pendidikan Kewirausahaan, sedangkan self efficacy diambil dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy memiliki peran terhadap kemampuan berwirausaha yang dibuktikan melalui uji pengaruh dengan besarnya pengaruh 20,1% serta hasil analisis wawancara yang menunjukkan bahwa mahasiswa dengan self efficacy tinggi memiliki kemampuan berwirausaha yang baik jika dibanding dengan mahasiswa dengan self efficacy yang rendah.

References

Bandura, Albert. 2002. Self efficacy : The Exercise of Control. New York : W. H. Freeman & Company. Habib, M. F., & Rahyuda, I K. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Kebutuhan Akan Prestasi dan Keberanian Mengambil Risiko Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(9): 2618 – 2646.

Hidayat, D. R. 2011. Psikologi Kepribadian dalam konseling. Jakarta: Indeks Marini, Chomzana Kinta, and Siti Hamidah. "Pengaruh SelfEfficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Jasa Boga." Jurnal Pendidikan Vokasi 4.2 (2014).

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia. Mujiadi. 2008. Psikologi Perrkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Riwayati, A., & Gunadi, T. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Program Keahlian Reyasa Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Coopetion Journal, 6(1): 39 – 50.

Sadewo, Yosua Damas. "Hambatan dan Tantangan Program Studi Kewirausahaan di Wilayah Perbatasan." MABIS 8.1 (2018). Sadewo, Yosua Damas. "Entrepreneurship Education in Border As the realization of National Development and National Security." Prosiding International conference on Information Technology and Business (ICITB). 2018.

Sadewo, Y. D., Fridayani, J. A., & Purnasari, P. D. 2018. The Effect of Learning Outcomes in Entrepreneurship Education Programs of Interest Entrepreneurship, diseminarkan pada The 3rd International Conference on Economic Education and Entrepreneurship, UIN Sultan Syarif Kasim Riaum, Batam 29 - 31 Agustus 2018.

Steinhoff, D., & Burgess, J. F. 2004. Small Business Management Fundamentals. New York: McGraw-Hill Education.

Published
2019-04-08
How to Cite
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). PERAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA STIM SHANTI BHUANA. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v1i1.91

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.