PEMBERDAYAAN MAHASISWA PADA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN IKAN AIR TAWAR DI STIM SHANTI BHUANA BENGKAYANG

  • Veneranda Rini Hapsari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Yohanes Usman Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Dokman Marulitua Situmorang Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
Keywords: pelatihan, kewirausahaan, pemberdayaan, mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk menganalisis data tentang  pelatihan budi daya ikan nila dan  ikan lele yang mempunyai daya jual yang baik, di daerah perbatasan. Dengan mendeskripsikan proses, hasil, pelatihan dan faktor-faktor pendukung pelatihan ikan pada kampus STIM Shanti Bhuana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dapat dideskripsikan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan serta memotivasi mahasiswa dalam berwirausaha di bidang perikanan, selain itu dapat mengembangkan mahasiswa untuk mengerti dan melatih cara memasarkan ikan tersebut kepada konsumen dengan baik, sehingga dari hasil wirausaha tersebut dapat memotivasi mahasiswa ke depannya untuk membuka usaha sebagai salah satu lapangan pekerjaan

References

Anwas, Oos. M. 2013. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Basrowi. 2011. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Basrowi Sukidin,Basrowi, Suranto. 2012. Manajemen Pendidikan Penelitian . Penerbit Insan Cendekia. Creswell, J. W. 2010. Research design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Index Djojodibroto, R.D. 2004. Tradisi Kehidupan Akademik. Yogyakarta: Galang Press.

Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hidayat, Daya. Pelatihan Kewirausahaan Budi Daya Ikan Lele Dumbo Untuk Pemberdayaan Pemuda Di Desa Kemiri Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 13 No. 1, April 2017.

Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suhendra, K. 2006. Peranan Birokrasi dalam Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumaryadi. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV. Citra Utama.

Suryana. 2013. Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat: Jakarta.

Wiratno, S. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Tinggi (The Implemtation of Enterpreneurship Education in the Higher Education)’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.18 Nov, Hal. 453-466.

Zimmerer, Thomas, 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Keci. Jakarta: Salemba Empat.

Published
2019-04-08
How to Cite
Hapsari, V. R., Usman, Y., & Situmorang, D. M. (2019). PEMBERDAYAAN MAHASISWA PADA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN IKAN AIR TAWAR DI STIM SHANTI BHUANA BENGKAYANG. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 16-23. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v1i1.89

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.