PARTISIPASI ANGGOTA DALAM MENGEMBANGKAN CREDIT UNION

  • Benedhikta Kikky Vuspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Veneranda Rini Hapsari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Angelus Ewid Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
Keywords: partisipasi anggota, credit union, kualitatif

Abstract

Credit Union merupakan satu lembaga keuangan dibidang simpan pinjam atau biasanya dikenal sebagai koperasi simpan pinjam, dalam kegiatan usahanya, yaitu menghimpun dana dari anggota koperasi dengan menciptakan sumber kredit dari dan untuk anggota dengan bunga yang relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran bagiamana partisipasi anggota membantu mengembangkan Credit Union. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif, Metode pengumpulan data yaitu melalui penelitian pustaka mencari jurnal, buku-buku serta sumber tertulis dan pengamatan di lapangan dilakukan  dengan metode wawancara yaitu melakukan wawancara kepada narasumber yang menguasai materi-materi yang diperlukan dalam penelitian ini. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa semakin besar peran Credit Union dalam memperbaiki kesejahteraan anggotanya, semakin tinggi partisipasi mereka dalam kegiatan koperasi. Bahwa kunci Partisipasi anggota dalam mengembangkan Credit Union adalah kepercayaan dari para anggota tersebut, manajemen dan pelayanan yang baik.

References

Arsat Madoan. 2011. Pengaruh Partisipasi dan Kepuasan Anggota Terhadap Kinerja Koperasi Unit Desa (KUD) di Kota Ambon. Tesis. Universitas Padjajaran.

Gusta Hendra. 2012. Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Kinerja Pengurus KUD Langgeng Desa Marsawa Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Tesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau;

Hendrojogi. 2010. Koperasi: Asas-asas, Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers. Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi, Jakarta: Erlangga.

Nanik Widyawati. 2010. Manajemen Koperasi, Jakarta: Rineka Cipta.

Sabinus Beni. 2017. Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dasar Credit Union, Jakarta: Mer-C Publishing.

Yulinda. 2003. Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Credit Union Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Wilayah Pedesaan Di Kabupaten Deli Serdang , Tesis Universitas Sumatera Utara: Medan.

Published
2019-04-08
How to Cite
Vuspitasari, B. K., Hapsari, V. R., & Ewid, A. (2019). PARTISIPASI ANGGOTA DALAM MENGEMBANGKAN CREDIT UNION. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 8-15. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v1i1.88

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.