PERILAKU KREATIF DAN INOVATIF PENGEPUL BUAH DURIAN DALAM USAHA LEMPOK DAN TEMPOYAK DI KECAMATAN BENGKAYANG

  • Angelus Ewid Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Veneranda Rini Hapsari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Benedhikta Kikky Vuspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
Keywords: lempok, tempoyak, durian, kreatif, inovatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku kreatif dan inovatif pengepul buah durian dalam mengolah buah durian menjadi makanan yang tahan dalam waktu yang cukup lama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara  langsung kepada 3 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai macam perilaku kreatif dan inovatif yang dilakukan pengepul buah durian di Kecamatan Bengkayang. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat perilaku kreatif dan inovatif pengepul durian di Kecamatan Bengkayang untuk memanfaatkan buah yang melimpah atau tidak terjual kepada konsumen sehingga muncul ide untuk manfaatkan buah menjadi produk olahan, masalah lain yang muncul dalam produksi makanan olahan yang berbahan dasar buah durian dimana produksinya hanya musiman dan tidak bisa di produksi setiap waktu. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak peneliti melakukan wawancara kepada pengepul sebagai informan dalam mengolah buah durian menjadi makanan olahan.

References

Berger, Arthur Asa. 2000. Media and Communication Research Methods. SAGE Publications, Inc.

Conny R Semiawan. 2009. Kreativitas Kebebakatan, Jakarta: PT Indeks. Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Depdag RI. 2008. Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009- 2025.

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Pearson. Kriyantono,

Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Larsen, P. & A.

Lewis. 2007. How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation”, Journal Creativity and Innovation Manage-ment, Halaman: 141-151.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Munandar,Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka cipta.

Nurul Istifadah1 , Heru Tjaraka2 . 2017. Kreativitas Dan Inovasi Pada Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Kesinambungan Pertumbuhan Ekonomi. Conference on Management and Behavioral Studies Universitas Tarumanagara. 12 Oktober 2017. ISSN No: 2541-3406 E-ISSN No: 2541-28589. Universitas Airlangga, Surabaya.

Ngalimun,dkk. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas.Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Rusdiana. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia. Skousen,

Mark. 2009. Sang Maestro TeoriTeori Ekonomi Modern. Jakarta: Prenada. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-05-14
How to Cite
Ewid, A., Hapsari, V. R., & Vuspitasari, B. K. (2019). PERILAKU KREATIF DAN INOVATIF PENGEPUL BUAH DURIAN DALAM USAHA LEMPOK DAN TEMPOYAK DI KECAMATAN BENGKAYANG. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v1i1.87

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.