ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN CREDIT UNION KELING KUMANG KOTA PUTUSSIBAU
DOI:
https://doi.org/10.46229/b.e.e..v6i1.825Kata Kunci:
Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Credit UnionAbstrak
Penelitian ini dilakukan di Credit Union Keling Kumang Kota Putussibau, alasan dari penelitian ini adalah untuk menjawab keingintahuan dari penulis mengenai tingkat kepuasan yang dirasakan oleh anggota selama 15 tahun CUKK berdiri. Dengan tujuan adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota dalam kualitas pelayanan karyawan Credit Union Keling Kumang Kota Putussibau. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan indikator berupa Tangibles (Berwujud), Realibility (Kehandalan), Responsivess (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati), dan Pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, kuesioner, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui indikator-indikator dalam pelayanan anggota Credit Union yaitu Tangibles (Berwujud), Realibility (Kehandalan), Responsivess (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati), dan Pelayanan serta penempatan karyawan di posisi yang tepat dan memiliki hubungan yang baik antara karyawan Credit Union Keling Kumang Kota Putussibau dengan anggotanya, dengan skor rata-rata 2,88 yang artinya jika dilihat dari dimensi dan indikator dengan rentang interpretasi maka dapat disimpulkan pada rentang 2,36 – 3,03 sehingga terletak pada kategori sangat setuju atau sangat baik.Referensi
Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Amin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Kecamatan Tarumajaya. Stie, 1(3), 41–52. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/716/476
Anugra, Fatmawati, & Sudarmi. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kantor Pertanahan Kabupaten Enrekang. Journal Unismuh, 2(6), 2223–2233. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index
Harisjati, R. A. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kota Bandung Di Bidang Pendidikan Periode 2019-2020. Jurnal Demokrasi Dan Politik Lokal, 4(1), 15–26. https://doi.org/10.25077/jdpl.4.1.15-26.2022
Lj Moleong. (2017). Metode Penlitian Kualitatif. Metodologi Penlitian Kulitatif, April 2021, 1–9.
Sari, P. (2019). Tingkat kepuasan pasien. Kesehatan, 23.
Sugiyono. (2018). Manajemen. Manajemen, 13–20.
Suprihartini, L., Rinaldi, H., Saputra, H. M., Sulaiman, S., Tandra, R., & Krisandi, S. D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS untuk Statistik Dasar Penelitian bagi Mahasiswa Se-kota Pontianak. Kapuas, 3(1), 35–39. https://doi.org/10.31573/jk.v3i1.527
Vuspitasari, B. K., Hapsari, V. R., & Ewid, A. (2019). Partisipasi Anggota Dalam Mengembangkan Credit Union. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.46229/b.e.e..v1i1.88
Yosefa Sufiana, H., & Beni, S. (2020). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA CREDIT UNION BONAVENTURA TEMPAT PELAYANAN LEDO. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(1), 10-14. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i1.131
Beni, S., Putra, W., & Bariyah, N., (2023). THE EFFECT OF CREDIT CIRCULATION, LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), AND INTEREST RATE ON RETURN ON ASSETS (ROA) DUE TO NON-PERFORMING LOAN (NPL) ON CREDIT UNIONS IN INDONESIA. INTERNATIONAL JOURNAL OF MULTI DISCIPLINE SCIENCE, 6(1), 60-72. http://dx.doi.org/10.26737/ij-mds.v6i1.3797
Beni, S., Putra, W., & Bariyah, N. (2023). Effect of Outstanding Credit Volume, Loan to Deposite Ratio, Loan Interst Rate On Credit Union Return On Assets In PUSKOPCUINA 2015-2019 . Journal of Economic and Business Analysis, 1(1), 44–53. Retrieved from http://businessandfinanceanalyst.com/index.php/JEBA/article/view/40