KONTRIBUSI DAN MANFAAT HASIL OLAHAN ROTAN KERAJINAN KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DUSUN MENDUNG TERUSAN DESA SAMALANTAN KECAMATAN SAMALANTAN KABUPATEN BENGKAYANG

  • Suardi Akademi Keuangan Dan Perbankan Grha Arta Khatulistiwa
  • Ignasius Lasah Akademi Keuangan dan Perbankan Grha Arta Khatulistiwa
  • Yahara Yahara Akademi Keuangan dan Perbankan Grha Arta Khatulistiwa

Abstract

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini antara lain berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik usaha kerajinan rotan mengenai kontribusi dan manfaat hasil olahan rotan di Dusun Mendung Terusan Desa Samalantan. Dengan adanya kerajinan kreatif yang berbasis kearifan lokal tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa usaha kerajinan ini banyak memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kontribusi dan manfaat hasil olahan rotan bagi masyarakat di Dusun Mendung Terusan Desa Samalantan. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam proses memasarkan produk kerajinan rotan (3) Untuk mengetahui kiat pengusaha dalam menciptakan ide kreatif dan inovatif lainnya.

Hasil dari penelitian ini bahwa, kontribusi dan manfaat hasil olahan kerajinan rotan tersebut bagi masyarakat dapat mereka manfaatkan dari tumbuhan hutan yang banyak di daerah tersebut. Hasil dari menjual bahan baku untuk keperluan usaha kerajinan rotan itu dapat memberikan tambahan penghasilan bagi warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari, walaupun tidak begitu besar, tapi bagaimanapun juga paling tidak mereka dapat merasakan manfaat dari tanaman rotan yang tumbuh di hutan sekitar Desa Samalantan.

References

Badudu, J.S 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Penerbit Pustaka Sinar Harapan: Jakarta

Dennis MC Quail. 2012. Teori Komunikasi Massa, Edisi 6. Penerbit Salemba Humanika: Jakarta

Dian Wijayanto. 2012. Pengantar Manajemen. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015

Margono. 2000. Metodoligi Penelitian Pendidikan. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta

Moloeng. L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Rosda Karya: Bandung

Nana Sujana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Penerbit Sinar Baru Algensindo: Bandung

Nurul Zuriyah. 2007. Metodologi dan Perspektif Perubahan. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta

Ratna, Nyoman. Kutha. 2006. Statistika: Kajian Bahasa, Sastra Dan Budaya. Penerbit Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Sufiana, H.Y., & Beni, S., 2020. Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics and Entrepreneurship. 2(1). 10-14.

Beni, S., 2021. Kesejahteraan Masyarakat dan Pertumbuhan Ekonomi di Perbatasan Jagoi Babang Kalimantan Barat Melalui Pemberdayaan. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan. 9(2). 125-125.

Indana, F.T., & Beni,S. 2021. Business, Strategi pemasaran sayuran hidroponik shanti bhuana. Business Economics and Entrepreneurship. 3(2). 86-92.

Lenti, M., Beni, S., Sadewo, Y.D., & Usman. 2020. Strategi Diferensiasi Produk Line Untuk Menarik Minat Konsumen. Business Economics and Entrepreneurship. 2(2). 9-19.

Published
2023-04-02
How to Cite
Suardi, Lasah, I., & Yahara, Y. (2023). KONTRIBUSI DAN MANFAAT HASIL OLAHAN ROTAN KERAJINAN KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DUSUN MENDUNG TERUSAN DESA SAMALANTAN KECAMATAN SAMALANTAN KABUPATEN BENGKAYANG. Business, Economics and Entrepreneurship, 5(1), 102-108. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v5i1.534

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.