KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEGADAIAN SYARIAH DI INDONESIA

  • Ayu Andini Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Widi Boerdan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Fika Febrianti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Muhammad Fadhil Maulana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Suryo Budi Santoso Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu agar dapat mengetahui kualitas pelayanan pada Pegadaian Syariah yang menggunakan teknologi digital. Dalam metode ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sistem online yang disediakan oleh pihak pegadaian sangat efektif bagi nasabah yang ingin bertransaksi dimana saja. Namun, pegadaian digital tidak berjalan dengan baik karena kurangnya komunikasi sosial dari pegadaian tentang sistem layanan baru, yaitu online yang mudah diakses, gratis serta dengan cara mengunduh Play Store ataupun App Store. Karena teknologinya rawan kesalahan dan kegagalan transaksi, nasabah lebih memilih menggunakan pendekatan manual daripada aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Seharusnya nasabah dapat menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital untuk melakukan transaksi smartphone tanpa harus melakukannya secara manual. Dengan dibuatnya aplikasi Pegadaian Syariah Digital ini, konsumen dapat bertransaksi tanpa harus mengunjungi Pegadaian Syariah secara fisik, dan aplikasi ini mencakup berbagai pilihan yang dapat dipilih pada saat bertransaksi.Dibandingkan dengan layanan online, nasabah Pegadaian Syariah masih lebih memilih layanan manual, dengan hanya sedikit pengguna layanan yang menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Dikarenakan kurangnya sosialisasi kelembagaan dengan klien dan kurangnya informasi klien tentang aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Selain itu, berdasarkan perbandingan kualitas layanan, manual layanan tidak terlalu menuntut konsumen. Ilmu manajemen perbankan terkait dengan kualitas layanan. Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai ukuran relatif dari kebaikan suatu produk atau jasa, serta kesesuaian dan kesesuaian produk atau jasa dengan orang lain, sehingga pelanggan dapat menikmati kualitas pelayanan yang baik. Rasio profitabilitas digunakan di pegadaian syariah untuk menentukan tingkat keuntungan atau keuntungan suatu korporasi. Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi pegadaian syariah memperoleh keuntungan atau tidak.

References

Anifaturrohmah, Siti, dan Hani Hanifah. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Sales Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus Di UD.Cita Rasa Sempidi Denpasar ).” Economic: Jurnal ekonomi dan hukum Islam 5, no. 2 (2017): 190–212.

Herlina, Ira Hapsari, Suryo Budi Santoso, dan Siti Nur Azizah. “Pengaruh Proporsi Komisaris Independen , Profitability , Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap.” RATIO: Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesia 2, no. 1 (2021): 15–24.

Ibrahim, Malik, dan Sitti Marijam Thawil. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1 (2019): 175–82. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251.

Isnaeni, Wina Ayu, Suryo Budi Santoso, Erny Rachmawati, dan Selamet Eko Budi Saantoso. “Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan” 1, no. 1 (2021): 17–28.

Perwasih, Rati. “Analisis Komparati Kualitas Pelayanan Pada Penggunaan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan Manual (Studi Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Bengkulu).” IAIN Bengkulu, 2019.

Pongoh, Melysa Elisabeth. “Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado.” Jurnal EMBA 1, no. 4 (2013): 1–5.

Rati, Purwasih. “Analisis Komparatif Kualitas Pelayanan Pada Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Dan Manual,” 2019.

Santoso, Suryo, Herni Astuti, dan Lulu Sayekti. “The Effect of Claim Expense, Liquidity, Risk-Based Capital, Company Size, Debt to Equity, and Debt To Asset on Profitability In Indonesia Islamic Insurance Companies,” 2020. https://doi.org/10.4108/eai.5-8-2020.2301216.

Sayekti, Lulu Mardhiyah, dan Suryo Budi Santoso. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Debt To Equity Ratio, Debt To Asset Ratio dan Risk Based Capital Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi Umum Unit Usaha Syariah Tahun 2014-2018).” Ratio : Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesia 1, no. 1 (2020): 37–47. https://doi.org/10.30595/ratio.v1i1.7973.

Herlina, Ira Hapsari, Suryo Budi Santoso, dan Siti Nur Azizah. "Pengaruh Proporsi Komisaris Independen, Profitability, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Intellectual

Capital Disclosure Tahun (2021): http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/REVIU/article/viewFile/10369/4054

Lisias, C., Beni,S., Asmara, A.P., & Yeni, E.Y. (2022). Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 10 (02), 207-207.

Sufiana, HY. & Beni, S. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics and Entrepreneurship. 4(1). 10-14.

Wina Ayu Isnaeni, Suryo Budi Santoso, Erny Rachmawati, Selamet Eko Budi Santoso. "Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Tahun 2021: https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=lM9uz9cAAAAJ&citation_for_view=lM9uz9cAAAAJ:TQgYirikUcIC

Veronica, Deka. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal Development 5, no. 1 (2017): 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45.

Winanto, Nitya Satwasti, dan Sri Roekminiati. “Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Customer, Pegadaian,” 1, no. 1 (2017): 14–29.

Agus Subardi, "Analisis Rasio profitabilitas pada PT Bank Permata, TBK." http://jurnal.shantibhuana.ac.id/jurnal/index.php/bee JBEE Volume 1 No 2 2019

Mauledy Ahmad, Ferry Siswadhi, Elex Sarmigi, "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan REligiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Bank Nagari". http://jurnal.shantibhuana.ac.id/jurnal/index.php/bee JBEE Volume 4, No 1, 2022

Published
2022-12-01
How to Cite
Ayu Andini, Boerdan, W., Febrianti, F., Fadhil Maulana, M., & Budi Santoso, S. (2022). KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEGADAIAN SYARIAH DI INDONESIA. Business, Economics and Entrepreneurship, 4(2), 134-144. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v4i2.443

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.