PENGARUH FLASH SALE PROMOTION DAN DISCOUNT TERHADAP ONLINE IMPULSIVE BUYING DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

  • Eva Margareth Sarah Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Kiki Mailastri Sitanggang Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Flash Sale, Discount, Impulsive Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flash sale promotion dan discount terhadap online impulsive buying pada Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh antara flash sale dan discount akan dianalisis secara parsial dan secara similtan terhadap online impulsive buying. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kuantiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner secara google form dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa / I universitas sari mutiara indonesia yang menggunakan aplikasi shopee berjumlah 100 orang. Metode analisis yang digunaka adalah uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Variabel Flash Sale berpengaruh secara signifikan terhadap Online Impulsive Buying, Variabel Discount berpengaruh secara signifikan terhadap Online Impulsive Buying, Variabel Flash Sale dan Discount berpengaruh secara signifikan terhadap online impulse buying. Nilai adjusted R square atau nilai koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa variabel Flash Sale dan Discount dapat menjelaskan variabel online impulsive buying sebesar 57% sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.

Author Biographies

Eva Margareth Sarah, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flash sale promotion dan discount terhadap online impulsive buying pada Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh antara flash sale dan discount akan dianalisis secara parsial dan secara similtan terhadap online impulsive buying. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kuantiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner secara google form dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa / I universitas sari mutiara indonesia yang menggunakan aplikasi shopee berjumlah 100 orang. Metode analisis yang digunaka adalah uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Variabel Flash Sale berpengaruh secara signifikan terhadap Online Impulsive Buying, Variabel Discount berpengaruh secara signifikan terhadap Online Impulsive Buying, Variabel Flash Sale dan Discount berpengaruh secara signifikan terhadap online impulse buying. Nilai adjusted R square atau nilai koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa variabel Flash Sale dan Discount dapat menjelaskan variabel online impulsive buying sebesar 57% sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.

Kiki Mailastri Sitanggang, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flash sale promotion dan discount terhadap online impulsive buying pada Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh antara flash sale dan discount akan dianalisis secara parsial dan secara similtan terhadap online impulsive buying. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kuantiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner secara google form dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa / I universitas sari mutiara indonesia yang menggunakan aplikasi shopee berjumlah 100 orang. Metode analisis yang digunaka adalah uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Variabel Flash Sale berpengaruh secara signifikan terhadap Online Impulsive Buying, Variabel Discount berpengaruh secara signifikan terhadap Online Impulsive Buying, Variabel Flash Sale dan Discount berpengaruh secara signifikan terhadap online impulse buying. Nilai adjusted R square atau nilai koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa variabel Flash Sale dan Discount dapat menjelaskan variabel online impulsive buying sebesar 57% sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.

References

Arum, T.S. (2020). Ini Situs Belanja Online Terfavori Masyarakat Indonesia, Cowok Pun Pilihin Tersendiri.https://www.solopos.com/ini-situs-belanja-online- terfavorit-masyarakat- indonesia-cowok-punya- pilihan-tersendiri. Diakses Pada 21 Maret 2021.

Baskara, Indra Bayu. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulsive Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Departement Store Johar Plaxa Zember). Manajemen Bisnis, Vol.5 No. 2.

Devina, Sadaca. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, Vol.04 No.01.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa Timu : Qiara Media Jayani, Dwi Hadia (2019). “Shopee Jadi E-Comerce Paling Top Dari Masa Ke Masa”. https://databoks.katadata.co.i d/datapublish/2019/09/03/sho pee-jadi-e- commerce- paling-top-dari-masa-ke- masa. Diakses Pada 21 Maret 2021.

Falentia Tia Indana, & Beni, S. (2021). Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Shanti Bhuana. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2), 86-92. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v3i2.316

Jayani, Dwi Hadia. (2019). “10 E-Comerce Dengan Pengunjung Terbesar Kuartal III-2019”. https://databoks. katadata.co.id /datapubllish/2019/10/22/inil ah-10-e-comerce-dengan- pengunjung-terbesar. Diakses Pada 21 Maret 2021.

Kusnawan, agus dkk. (2019). Pengaruh diskon pada Aplikasi e-walet terhadap pertumbuhan minat pembelian impulsif konsumen milenial di wilayah tangerang. Jurnal sains manajemen. Vol. 5 no.2.

Kusumawati, Andriani. Dewi, Indri Kartika. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.56 No. 1.

Lenti, M., Beni, S., Sadewo, Y. D., & Usman. (2020). Strategi Diferensiasi Produk Line Untuk Menarik Minat Konsumen. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 9-19. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i2.190

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Miranda, Yosi Chintia. (2016). Kajian Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Impulsive Buying Dalam Online Shopping. Jurnal Trunojoyo. Vol.10 No.1

Nainggolan, Nana Triapmita dkk. 2020. Perilaku Konsumen Di Era Digital. Jakarta: yayasan kita menulis.

Pemi, & Beni, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Toko Sembako Injek Balanja Menggunakan Asset Based Community Development. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2), 77-85. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v3i2.317

Pemi, & Beni, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Toko Sembako Injek Balanja Menggunakan Asset Based Community Development. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2), 77-85. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v3i2.317

Pusparisa, Yosepha (2019). “96% Pengguna Internet Di Indonesia Pernah Menggunakan E-Commerce”. https:// databoks. katadata.co.id /datapublish / 2019 /12/03/96-pengguna-internet- di-indonesia-pernah- gunakan-e-commerce. Diakses Pada 21 Maret 2021.

Salim, A. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Hedonis terhadap Pembelian Impulsif Pada Starbucks Coffe. Jurnal Kwikkiangie. Issn:2089 – 3477

Saputri, Respi. (2020). Peran Flash Sale Dalam Memediasi Hubungan Sales Promotion Terhadap Keputusan Belanja Online. Jurnal UMMI. Vol.2 No.6

Saputri, Respi., Ramdan, Asep Muhammad., & Norisanti, Nor. (2020). Peran Flashsale Dalam Memediasi Hubungan Sales Promotion Terhadap Keputusan Belanja Online. Syntax Idea, Vol. 2 No .6

Trijotono, Aris dan Warnadi. (2019). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Deepublish

Wijoyo, Hadian Dkk. 2021. Pengantar Bisnis Lanjutan. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Wulan, Winda Noor Nawang. (2019). Analisis Pembelian Tidak Terencana Pada Toko Online Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol.6 No.1

Yosefa Sufiana, H., & Beni, S. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(1), 10-14. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i1.131

Zakiyyah, Amalina Maryam. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online Pulchragallery. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Vol. 4 No. 1.

Published
2022-04-29
How to Cite
Sarah, E. M., & Sitanggang, K. M. (2022). PENGARUH FLASH SALE PROMOTION DAN DISCOUNT TERHADAP ONLINE IMPULSIVE BUYING DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. Business, Economics and Entrepreneurship, 4(1), 63-73. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v4i1.423

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.