STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOKO SEMBAKO INJEK BALANJA MENGGUNAKAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT

  • Pemi Institut Shanti Bhuana
  • Sabinus Beni Institut Shanti Bhuana

Abstract

Perdagangan merupakan akar pokok pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin. Di daerah perbatasan saat ini tentunya sangat dibutuhkan kebutuhan sembako, karena kebutuhan bahan sembako yang masih terbatas, sehingga sebagian pasokan sembako dan kebutuhan lainnya masih didatangkan dari negara lain tentunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat permasalahan mengenai “ Bagaimana desain strategi pengembangan berbasis asset yang dapat dilakukan oleh Toko Injek Balanja dan Bagaimana Implementasi strategi pengembangan berbasis asset yang dilakukan oleh Toko Injek Balanja”, untuk dapat menarik minat konsumen, strategi pembangunan Usaha Toko Sembako Injek Balanja yang berada diperbatasan menggunakan Asset Based Community Development. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang menghasilkan kata-kata secara tertulis atau lisan dari objek yang diamati dan hasil dari wawancara, Penelitian ini berlokasi di dusun Tanjung, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini akan menggunakan prosedur yang dapat menghasilkan data yang berupa deskriptif dari ucapan, tulisan, perilaku, objek itu sendiri. usaha sembako Injek Balanja merupakan usaha yang akan menyediakan segala kebutuhan bahan-bahan sembako yang dimana toko sembako Injek balanja akan memenuhi kebutuhan yang dicari masyarakat. dimana Toko Sembako Injek balanja berkesempatan untuk menyediakan segala kebutuhan sembako agar orang-orang di sekitar tidak lagi mencari di kejauhan kebutuhan sembako ini. Sembako akrab di telinga  masyarakat Indonesia. Tentu saja karena hal tersebut sangat dekat dengan kebutuhan manusia. Secara luas sembako ini kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan manusia dalam kegiatan pemenuhan kebutuhannya atas pangan dimana bahan-bahan sembako yang pastinya dicari masyarakat hampir setiap harinya untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Perkembangan usaha sembako yang berbasis asset. Guna untuk memanfaatkan asset-asset yang telah ada. untuk dijadikan peluang usaha dengan sudah adanya memiliki fasilitas-fasilitas yang mendukung untuk mempermudah melakukan suatu kegiatan usaha. Usaha yang berbasis asset agar dimanfaatkan dengan baik serta lebih meningkat dan baik lagi.

References

Andria, dan Sugiono Sugiharto. (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran. Dalam Mempertahankan Dan Mengembangkan Bisnis Toko Agung Di Kota Tanjung.

Angipora, M (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Ardiansyah, Muhammad Syahrul. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Toko Pulau Biru Surabaya Menggunakan Asset Based Community Development. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Baihaqi, Muh Nasrul. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Toko Vanhelen Dalam Meningkatkan Penjualan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Beni, S. (2017). Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dasar Credit Union. (Herulono, Ed.). Jakarta: Mer-C Publishing.

Beni, S., & Manggu, B. (2020). Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Perbatasan (Studi Kasus Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat). Sosiokonsepsia, 9(2), 162–170.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Jakarta: Indeks.

Kurtz. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Lenti. M., Beni, S., Sadewo, YD., & Usman. 2020. Strategi Diferensiasi Produk LINE Untuk Menarik Minat Konsumen. Business, Economics and Entrepreneurship. 2(2), 9-19.

Listina, Deny dan Rosaly Fransiska. (2013). Kewirausahaan Dan Strategi Bersaing Pedagang Sembako Di Pasar Raya I Kota Salatiga. Alumnus Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Dosen Fakultas Dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Munawir, A. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga, Jurnal Aplikasi ilmu Agama, 8(20, 104-113.

Patton, Andri. Asset Based Community Development: Strategi Pembangunan Di Era Otonomi Daerah. Jurnal FISIP Universitas Mulawarman, 2005.

Rapunzel, Moniaga Brenda. Vekie A Rumate dan Irawaty Maslowan. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pada Pemilik Warung Sembako Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 17 No. 02.

Suharto, Edi, kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat: perspektif pekerjaan sosial, 2009.

Supiana, H.Y., Beni, S. 2020. Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics and Entrepreneurship. 2(1), 10-14.

Tjiptono, Fabdy. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Indeks.

Wibowo, Dimas Hendika. Zainul Arifin dan Sunarti. (2015). Analisis Strategi Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29. No. 1.

Yuningrum, Heny. (2016). Usaha Untuk Meningkatkan Loyalitas Toko Kelontong Dalam Menghadapi Usaha Ritel Yang Menjamur Di Masyarakat. UIN Walisongo Semarang.

Published
2021-12-01
How to Cite
Pemi, & Beni, S. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOKO SEMBAKO INJEK BALANJA MENGGUNAKAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2), 77-85. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v3i2.317

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.