STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK SHANTI BHUANA

  • Falentia Tia Indana Institut Shanti Bhuana
  • Sabinus Beni Institut Shanti Bhuana

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami peningkatan begitu pesat dalam bidang wirausaha, didukung dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang sehingga dapat mendorong pelaku wirausaha untuk menciptakan dan membuat inovasi baru sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh pemilik usaha sayuran hidroponik Shanti Bhuana dalam meningkatkan volume penjualan, strategi pemasaran yang digunakan yaitu strategi pemasaran 4P (product, price, promotion dan place) namun masih belum efektif selain itu juga digunakan strategi pemasaran digital berbasis media sosial dan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan sayuran hidroponik Shanti Bhuana yaitu strategi pemasaran digital berbatas media sosial perlu dikembangkan karena dengan kemajuan teknologi saat ini tidak sedikit masyarakat yang senang berbelanja secara online.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Assauri. 2013. Manajemen: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Beni, S. (2017). Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dasar Credit Union. (Herulono, Ed.). Jakarta: Mer-C Publishing.

Beni, S., & Manggu, B. (2020). Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Perbatasan (Studi Kasus Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat). Sosiokonsepsia, 9(2), 162–170.

Hakim Simanjuntak. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Armstrong. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurz. 2008. Principles Of Cantemporary Marketing. International Studen Ed, Thomson Higher Education: Manson.

Lenti. M., Beni, S., Sadewo, YD., & Usman. 2020. Strategi Diferensiasi Produk LINE Untuk Menarik Minat Konsumen. Business, Economics and Entrepreneurship. 2(2), 9-19.

Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Pakpahan, Efendi. 2009. Volume Penjualan. Jakarta: PT Bina Intitama Sejahtera.

Sapas P, Vuspitasari BK, Sadewo YD & Siahaan SV. (2020). Strategi Pemasaran Sayur Organik Frysia Melalui Analisis 4P dan STP. JBEE Business, Economics and Entrepreneurship, vol. 2, No 2, Juni. 2020, pp. 20-28, https://web.archive.org/web/20210312143541

Savira, Rosa Dewi; Prihtanti, Tinjung Mary. 2019. Analisa Permintaan Sayuran Hidroponik di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Jurnal Agribisnis kepulauan.

Supiana, H.Y., Beni, S. 2020. Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics and

Published
2021-12-01
How to Cite
Falentia Tia Indana, & Beni, S. (2021). STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK SHANTI BHUANA. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2), 86-92. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v3i2.316

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.