ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN ANYAMAN BIDAI KERAJINAN TANGAN MASYARAKAT DESA JAGOI KECAMATAN JAGOI BABANG KABUPATEN BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.46229/b.e.e..v3i1.258Abstract
Penelitian ini terlaksana melalui proses wawancara dengan pemilik usaha kerajinan anyaman bidai di desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, karena produk kerajinan tangan anyaman bidai ini memiliki kualitas yang baik sehingga menarik untuk dikaji dan merupakan salah satu ciri khas produk kerajinan di Kabupaten Bengkayang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan anyaman bidai Desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, (2) Untuk mengetahui apa saja kendala penjualan yang dihadapi oleh pengrajin Anyaman Bidai Desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang. Subjek penelitian yang diambil yaitu tempat usaha kerajinan anyaman bidai di desa Jagoi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode kuesioner, dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa F hitung sebesar 1.822 dengan signifikansi sebesar 0,018 karena signifikansi < alpha (0.05) maka H0 ditolak: artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran terhadap penjualan anyaman bidai. Strategi pemasaran berpengaruh sangat kuat dan dominan terhadap penjualan dengan angka sebesar 3.466 dengan signifikansi sebesar 0.018, artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara strategi pemasaran dengan penjualan. Karena koefisien korelasi nilainya positif, maka berarti strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Jadi dalam kasus ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap penjualan hasil kerajinan anyaman bidai.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran (undifferentiated marketing, differentiated marketing, concentrated marketing) dan Penjualan
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Louis E. Boone & David L. Kurtz. 2014. Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Margono.2010. Metodoligi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Masri Singarimbun. 2017. Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Pustaka LP3ES.
Sofjan Assauri. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada Divisi Rajawali Pers.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wiratna Sujarweni. 2014. Metode Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.