ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA KEMITRAAN Gi-Va FASHION DI PERUMAHAN KELAPA SAWIT WIRATA

  • Anggela Fernanda Institut Shanti Bhuana
  • Shanti Veronica Br Siahaan
  • Veneranda Rini Hapsari STIM Shanti Bhuana
  • Yosua Damas Sadewo STIM Shanti Bhuana
Keywords: Bauran pemasaran, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi bauran pemasaran usaha kemitraan Gi-Va Fashion, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli pakaian stok lama dan mengetahui cara meningkatkan penjualan pakaian di perumahan kelapa sawit Wirata. Penelitian ini dilakukan di perumahan Kelapa Sawit Wirata Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pakaian stok lama usaha kemitraan Gi-Va Fashion di PKS Wirata adalah usaha pemasaran Gi-Va Fashion, faktor pribadi dan faktor psikologis. Adapun hasil dari keputusan pembelian konsumen yaitu harga murah, pembayaran cicilan, diskon, pakaian untuk anggota keluarga, bahan pakaian nyaman dipakai, pelayanan yang baik dan solidaritas. Strategi pemasaran 4P yang baru akan dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan adalah beragam jenis pakaian, beragam ukuran pakaian, sistem pembayaran cicilan, harga murah, potongan harga, lokasi terjangkau, design tempat, periklanan media sosial dan banner, personal selling, tenaga penjualan agen tambahan.

References

Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Akbar, P. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Alma, H. E. (2005). Analisis Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Rangka Membangun Minat Transaksi Ulang (Studi PT. Phillip Securities Indonesia Cabang Semarang). Journal of Consumer Satisfaction, Vol. 18, p.94-104.

Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Cetakan Keenam, Alfabeta.

Ambar, T. S. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdyaan. Yogyakarta : Gava Media.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amstrong, K. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi ke 12, Jilid 1). Erlangga: Jakarta.

Berger, A. A. (2000). Media Analysis Techniques. Alih Bahasa Setio Budi. Yogyakarta: Andi Offset.

Bungin. B. (2012). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Engel. (2000). Prilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I. Jakarta: Binarupa Aksara.

Felycia Errina Tanzil, A. A. G. Agung Artha Kusuma. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Ulang Kebaya Dirumah Kebaya Bali Molek. E-Jurnal Manajemen, 1336-1344.

Ferdinand. (2002). pengembagan beli minat merek ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein, U. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia.

Irawan, S. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Kanuk, S. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.

Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar, Edisi Dua. Yogyakarta: BPFE UGM.

Kotler Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Lexy, M. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musadieq, R. P. (2018). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Internasional Produk Baju Busana Muslim (Studi pada PT. Vauza Tamma Abadi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 57, No. 1 .

Olson, P. J. (2000). Consumer Behavior Jilid II diterjemahkan Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Parasuraman, A. Z. (2001). A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future. Journal of Marketing, Vol.49.

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas.

Rewolg. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alvabeta.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Beni, S. (2020). Pengaruh Hasil Belajar terhadap Minat Berwirausaha pada Program Pendidikan Kewirausahaan. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(2), 77-86

Simamora. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional (jilid 1). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono. F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Usman, H. (2011). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Wella Sandria, S. R. (2019). Strategi Pemasaran Kain Kiloan Studi Kasus Toko Jambi Central Kota Jambi. Jurnal Ekonomi KIAT, Vol. 30, No. 2.

Published
2020-12-01
How to Cite
Fernanda, A., Br Siahaan, S. V., Hapsari, V. R., & Sadewo, Y. D. (2020). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA KEMITRAAN Gi-Va FASHION DI PERUMAHAN KELAPA SAWIT WIRATA . Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 52-73. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i2.196

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.