ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P(PRODUCT, PACKING, PRICE, DAN PROMOTION) TER HADAP KEPUASAN KONSUMEN FRYSIA
Abstract
Pemasaran dalam penjualan produk menjadi hal yang sangat menarik untuk mempertahankan sebuah kualitas barang yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara strategi pemasaran 4P (Product, Packaging, Price, and Promotion) terhadap kepuasan konsumen. Adapun teknik pengumpulan sumber data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara diperoleh dari 7 informan yang menjadi konsumen atau pelanggan produk sayur organik FRYSIA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh dari sumber data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran usaha sayur organik FRYSIA memiliki keterkaitan terhadap kepuasan konsumen.
References
Abdullah, Irwan. dkk. (2008). Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Angipora Marius P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.
Aksan, Hermawan. (2015). Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa Cendekia.
Fandy, Tjiptono. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Kotler Phillip. (2012). Marketing Management 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kristanto, Andri. (2011). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permatasari, Yuli. 2014. Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktik Manajemen Laba. Skripsi. Makassar: FE Universitas Hasanuddin.
Philip, Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 11. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Setyaningrum, H. D. (2011). Panen Sayur Secara Rutin di Lahan Sempit. Jakarta: Swadaya.
Tejantara, A. & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Niat Pembelian Ulang (Studi Pada Oli Sepada Motor Merek Eni di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 10.
Wulanytha Unonongo, Deasy Warouw, Lingkan Tulung. (2015). Fungsi Promosi Dalam Meningkatkan Daya Beli Gadget SamsungG di Kota Manado. e-journal Acta Diurna, 5.
Copyright (c) 2020 Ferdynandus Ralph Pangkarego Ferdy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.