ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P(PRODUCT, PACKING, PRICE, DAN PROMOTION) TER HADAP KEPUASAN KONSUMEN FRYSIA

  • Ferdynandus Ralph Pangkarego Institut Shanti Bhuana
  • Usman
  • Veneranda Rini Hapsari STIM Shanti Bhuana
  • Yosua Damas Sadewo STIM Shanti Bhuana
Keywords: Strategi, Pemasaran 4P, Kepuasan Konsumen

Abstract

Pemasaran dalam penjualan produk menjadi hal yang sangat menarik untuk mempertahankan sebuah kualitas barang yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara strategi pemasaran 4P (Product, Packaging, Price, and Promotion) terhadap kepuasan konsumen. Adapun teknik pengumpulan sumber data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara diperoleh dari 7 informan yang menjadi konsumen atau pelanggan produk sayur organik FRYSIA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh dari sumber data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran usaha sayur organik FRYSIA memiliki keterkaitan terhadap kepuasan konsumen.

References

Abdullah, Irwan. dkk. (2008). Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Angipora Marius P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Aksan, Hermawan. (2015). Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa Cendekia.

Fandy, Tjiptono. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Kotler Phillip. (2012). Marketing Management 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kristanto, Andri. (2011). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permatasari, Yuli. 2014. Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktik Manajemen Laba. Skripsi. Makassar: FE Universitas Hasanuddin.

Philip, Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 11. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Setyaningrum, H. D. (2011). Panen Sayur Secara Rutin di Lahan Sempit. Jakarta: Swadaya.

Tejantara, A. & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Niat Pembelian Ulang (Studi Pada Oli Sepada Motor Merek Eni di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 10.

Wulanytha Unonongo, Deasy Warouw, Lingkan Tulung. (2015). Fungsi Promosi Dalam Meningkatkan Daya Beli Gadget SamsungG di Kota Manado. e-journal Acta Diurna, 5.

Published
2020-12-01
How to Cite
Pangkarego, F. R., Usman, Hapsari, V. R., & Sadewo, Y. D. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P(PRODUCT, PACKING, PRICE, DAN PROMOTION) TER HADAP KEPUASAN KONSUMEN FRYSIA. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 44-51. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i2.195

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.