ANALISIS PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN SISTEM DROPSHIPPING TERHADAP KEPERCAYAAN, MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • Stanley Paransa Institut Shanti Bhuana
  • Yosua Damas Sadewo

Abstract

Dengan berkembang pesatnya e-commerce di Indonesia berdampak pada potensi peningkatan ekonomi di Indonesia, salah satunya e-commerce yang menggunakan sistem dropshipping. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan e-commerce dengan sistem dropshipping terhadap kepercayaan, minat dan keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang pernah melakukan transaksi pembelian khususnya di TENY ONLINEshop yang menggunakan sistem dropshipping. Tehnik analisa data menggunakan analisa regresi linear sederhana. Dari hasil analisa data yang didapat, telah menjawab hipotesis bahwa adanya pengaruh penerapan e-commerce yang berbasis dropshipping terhadap kepercayaan konsumen sebesaar 14,1%, minat konsumen sebesar 18%, dan untuk keputusan pembelian sebesar 24,8%.

References

Abdurrahmat, F. (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya , Vol. 14 No.2.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagong, S., & Sutinah. (2005). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka.

Basu, Swastha, & Irawan. (2011). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Catur, C. (2012). Jualan Online Tanpa Repot Dengan Dropshipping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Databooks. (2019). Diambil kembali dari from:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia

Edi, F. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: Leutikaprio.

Ekinci, Y., & Hosany, S. (2006). Destination personality: an application of brand personality to tourism destinations. Journal of Travel Research, Vol. 45, 127-140.

Flavian, & Giunaliu. (2007). Measure on web usability Website. Journal of Computer Information Systems 48 (No.1), 17-23.

Hardiyanti, M. (2012). Kepercayaan Pada Penjual dan Persepsi Akan Risiko Pada Keputusan Pembelian Melalui Internet. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hidayatullah, K., Astuti, E., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Pada Konsumen www. ardiansmx. com). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 56-63.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Laudon, K., & Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition, 11/E. Pearson Higher Education.

Maharani, A. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. http://core.ac.uk/download/pdf/11721664.pdf.

Marlien, R. (2010). Pengaruh Reputasi, Privasi, dan Keamanan terhadap Kepercayaan (Trust) Pengguna Internet di Semarang dalam Sistem E-Commerce. Semarang: Universitas Stikubang.

McKnight, H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and Validating Trust Measures for E-Commercee: An Integrative Typology. Information Systems Research, 334-359.

Opiida. (2016). Pengertian E-marketplace. Diambil kembali dari http://tokokhalista.wordpress.com/2014/04/18/pengertian-e-marketplace/

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Pendidikan Ketahanan Sosial Dan Ekonomi Dalam Meningkatkan Karakter Nasionalisme dan Wawasan Bela Negara. KESADARAN BELA NEGARA DALAM MENCEGAH DISINTEGRASI BANGSA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (hal. 64-70). BOGOR: UNIVERSITAS PERTAHANAN.

R.L.Sandhusen. (2008). Marketing, 4th Edition. In R. L. Sandhusen, Marketing, 4th. Hauppauge, New York: Barron's Educational Series.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Dimmera, B. G. (2019). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Ketahanan Nasional dan Budaya Amare. Makassar: PT. Tohar Media.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Dimmera, B. G. (2020). Development of Entrepreneurship Education Teaching Material Based on the National Resilience and Amare Culture. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(1), 41-45.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suh, J., & Yi, Y. (2006). When Brand Attitudes Affect the Customer Satisfaction-Loyalty Relation The Moderating Role of Product Involvement. Journal Of Consumer Psychology, 16(2), 145–155.

Sulianta. (2014). Terobosan Berjualan Online ala Dropshipping. Yogyakarta: Andi Publisher.

Suyanto, M. (2003). E – commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

Turban, E., & Jay, E. (2001). Decision Support Systems and Intelegent Systems, Aronson 6th edition, Copyright 2001. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Wood, I. (2009). Layanan Pelanggan Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2020-12-01
How to Cite
Paransa, S., & Sadewo, Y. D. (2020). ANALISIS PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN SISTEM DROPSHIPPING TERHADAP KEPERCAYAAN, MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 29-43. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i2.192

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.