STRATEGI PEMASARAN SAYUR ORGANIK FRYSIA MELALUI ANALISIS 4P DAN STP

  • Patrisia Sapas Institut Shanti Bhuana
  • Benedhikta Kikky Vuspitasari
  • Yosua Damas Sadewo
  • Shanti Veronica Br Siahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran 4P (Product, Price, Place (Packaging), Promotion) produk sayur organik FRYSIA berdasarkan analisis SWOT, dan untuk mengetahui STP (segmenting, targeting, positioning) produk sayur organik FRYSIA. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dengan jumlah narasumber sebelas orang. Teknik analisis didalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran usaha sayur organik FRYSIA berada pada posisi growth yang berarti bahwa strategi yang sudah digunakan berkembang namun perlu memperhatikan indikator harga karena indikator harga yang membuat volume penjualan menurun. Segmenting sayur organik FRYSIA berdasarkan pendapatan dan gaya hidup dan targeting dari sayur organik FRYSIA adalah masyarakat menegah ke atas yaitu Pegawai Sipil. Karena peluang usaha masih banyak dan masih minim pesaing yang yang membuka usaha di bidang pertanian sayur organik. Positioning usaha sayur organik FRYSIA dengan memperhatikan kualitas produk dan menjadikan kualitas sebagai keunggulan bagi usaha syaur organik FRYSIA yang akan di tonjolkan kepada konsumen

References

Angipora Marius. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Amstrong dan Kotler. (2003). Dasardasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan, Bungin. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fazra Handika. (2020). Kabupaten Bengkayang Dalam Angka Bengkayang Regency in Figures. Bengkayang:Badan Pusat Statistik.

Kholifah, siti dan I Wawan Suyadnya. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Maulidya Alfi A. Z, dkk. (2018). Analisa Segmenting, Targetting, Positioning, dan SWOT Sebagai Strategi Pemasaran Kopi Karlos (Studi Pada Produsen Kopi Karlos Desa Donowarih Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang). Jurnal Litbang Kebijakan, 1-22.

Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Published
2020-12-01
How to Cite
Sapas, P., Vuspitasari, B. K., Sadewo, Y. D., & Br Siahaan, S. V. (2020). STRATEGI PEMASARAN SAYUR ORGANIK FRYSIA MELALUI ANALISIS 4P DAN STP . Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 20-28. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i2.191

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.