STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK LINE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN

  • Marsela Lenti Institut Shanti Bhuana
  • Sabinus Beni Institut Shanti Bhuana
  • Yosua Damas Sadewo
  • Usman
Keywords: Strategi, Diferensiasi Produk, Minat Konsumen

Abstract

Perkembangan perekonomian di Indonesia yang cukup pesat saat ini menuntut setiap pelaku usaha untuk mampu bersaing terhadap kompetitor, ditambah lagi dengan banyaknya variasi barang yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi diferensiasi produk LINE dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Berdasarkan hasil kuesinoner ditemukan bahwa rempeyek LINE menggunakan strategi diferensiasi dalam menarik minat konsumen. Strategi diferensiasi yang digunakan yaitu: keistimewaan (rasa), kualitas kesesuaian (harga), daya tahan (kualitas), dan rancangan/desain (kemasan). Sehingga dari strategi diferensiasi yang digunakan oleh rempeyek LINE dapat manarik minat konsumen dalam membeli produk. Selain itu minat beli dapat diindetifikasi melalui minat transaksional yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli produk dan minat referensial yaitu kecenderungan seseorang mereferensikan produk kepada orang lain. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi diferensiasi yang digunakan oleh rempeyek LINE dapat menarik minat beli konsumen karena adanya keistimewaan (rasa), kualitas kesesuaian (harga), daya tahan (kualitas), dan rancangan/desain (kemasan).

References

Ali, M. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Angipora, M. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, K. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13. Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.

Assael, H. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action 6th Edition. New York: South Western College Publishing.

Basu Swastha Dharmmesta, T. H. 2000. Manajemen Pemasaran “ Analisa perilaku konsumen”. BPFE- Yogyakarta.

Beni, S. 2017. Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dasar Credit Union. Mer-C Publishing. Jakarta.

Sufiana, H.Y. & Beni, S. 2020. Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics And Entrepreneurship. Vol. 2 No.1 Juni 2020.

Bungin, B. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, Dan Pemasara Edisi Pertama. Jakarta: kencana prenada media Group.

Ferdinand, A. 2003. Struktural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Univeritas Diponogoro.

Ferrinadewi, E. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu.

Griffin, J. 2003. Customer Loyalty. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hasan, A. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Helmiyah. 2014. Strategi Deferensiasi Produk. Banjarmasin: Univeritas Islam Negeri Antasari.

Kasiram, M. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Keller, & Kotler. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta.: PT.Indeks.

Kinnear, T. C., & Taylor, J. R. 2003. Riset Pemasaran, (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga.

Panra & Sadewo, Y.D. 2020. UKM Hidroponik dan UKM Organik Sebagai Wadah Praktik Kewirausahaan di STIM Shanti Bhuana. Business, Economics And Entrepreneurship. Vol. 2 No.1 Juni 2020.

Saladin, D. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan,. Bandung: Lindakarya.

Stephen, R. 2018. Analisa Deferensiasi Produk dan Harga Tepung Tapioka Modifikasi Terhadap Minat Beli konsumen PT. Mitra Alvastar Buana . Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Sufiana, H.Y. & Beni, S. 2020. Analisis Kinerja Keuangan Pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo. Business, Economics And Entrepreneurship. Vol. 2 No.1 Juni 2020.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV, Alfabeta.

Susila, I., & Fathurrahman. 2004. Service Value: Sebuah Variabe Pemediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli. Empirika, Vol. 17, No. 1 Juni 2004.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba.

Published
2020-12-01
How to Cite
Lenti, M., Beni, S., Sadewo, Y. D., & Usman. (2020). STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK LINE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 9-19. https://doi.org/10.46229/b.e.e.v2i2.190

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.